Ketua TP PKK Karo Hadiri Acara PHI Ke 90 Tahun 2018

Ibu sebagai Pusat Ketahanan Keluarga

B. Kurni P.P.B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Hari ibu setiap tahunnya diperingati untuk mengingatkan kita semua menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut Kemerdekaan RI. PHl (Peringatan Hari Ibu) juga dimaksudkan untuk mempertebal semangat semua komponen bangsa mencapai kemajuan di berbagai bidang dilandasi semangat persatuan dan kesatuan.

Demikian dikatakan oleh Ny. Sariati Terkelin Brahmana selaku Ketua TP PKK Kabupaten Karo ditemani oleh wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang [Selasa 18/12] di Jambur Pemkab Karo, Kabanjahe.

Di lain sisi, PHI diharapkan juga dapat mendorong peningkatan peran serta kemitraan antara perempuan dan laki-laki dalam melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mengisi Kemerdekaan. Oleh karena itu, PHI ke-90 Tahun 2018 yang  diperingati kali ini dengan tema “Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa”.

Menurut Sariati, memperingati Hari Ibu bukanlah sekedar memberi sekuntum bunga pada hari Ibu, lalu memberikan istirahat sehari bagi ibu-ibu, kemudian setahun kembali menjadi super-women dan wonder women.

“Bukan itu, Secara nilai dan makna adalah meletakkan peran dan fungsi ibu pada tempat yang sangat utama dan sentral dalam Ketahanan Keluarga,” ujar Sariati.

Sekaligus meneruskan mandat sebagai Ibu bangsa yang wajib melahirkan generasi penerus bangsa yang militan, kreatif, inovatif, unggul, berdaya saing yang sehat jasmani dan rohani serta memiliki wawasan kebangsaan dan jiwa Nasionalisme yang kokoh, kuat dan Mandiri, imbuhnya lagi.

makam-pahlawan-1.jpg
Ketua TP PKK Karo (Ny Sariati Terkelin Berahmana) bersama Wabup Karo (Corry S Sebayang) dan rombongan berfoto bersama di Makam Pahlawan Kabanjahe usai acara tabur bunga.

Acara PHI ini melibatkan seluruh pengurus PKK di Kabupaten Karo, Ketua Darma wanita Persatuan (DPW), Ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0205/TK (Ny Taufik Rizal), Ketua Persit Batalyon 125 Simbisa Kabanjahe (Ny.Victor Ckjro), dan Waka Bhayangkari ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan PHI ini”.

Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018 diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seperti, seminar, bhakti sosial ke panti asuhan Bunga Bakung dan Alpha Omega, lomba merangkai bunga dan menghias kue tart sertaupacara bendera dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan.

Pada kesempatan lain,  Ketua TP PKK Karo Sariati Terkelin Brahmana bersama wakil Bupati Karo (Cory Seriwaty Br Sebayang), Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) (dr Hartawaty Tarigan) dan peserta lainnya melakukan ziarah tabur bunga ke Makam Pahlawan Kabanjahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.