Latih Anak Cuci Tangan dengan Sabun Sejak Dini

Jebta B. SitepuJEBTA B. SITEPU. MEDAN — Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH) didampingi Ketua TP PKK Kota Medan  (Hj Rita Maharani SH) ikut cuci tangan bersama dengan puluhan dokter cilik serta pelajar  di SD Yayasan Perguruan Pertiwi Jl. Budi Kemakmuran, Medan [Selasa 18/12]. Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tingkat Kota Medan 2018 ini diharapkan memotivasi masyarakat untuk senantiasa membiasakan diri  hidup bersih dan sehat.

Melalui peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Wali Kota mengajak seluruh warga Medan meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk memelihara kebersihan dan kesehatannya. Dikatakan oleh Wali Kota, banyak manfaat yang akan diperoleh dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan aktifitas.

“Dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, insya Allah kita akan terhindar dari berbagai penyakit seperti diare dan pneumonia. Kedua jenis penyakit inilah yang pada umumnya banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa,” kata Wali Kota.

Hari Cuci Tangan (2)

Mengingat begitu vitalnya manfaat cuci tangan pakai sabun tersebut, Wali Kota pun berpesan agar anak-anak harus  dilatih sejak dini mencuci tangan mereka menggunakan sabun sebelum maupun setelah melakukan aktifitas. Sebab, hasilnya akan snagat berarti bagi kelangsungan hidup generasi penerus bangsa ke depan.

Wali Kota selanjutya di hadapan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemko Medan, tokoh masyarakat  beserta unsur Muspika Kecamatan Medan Barat serta siswa-siswi SD Pertiwi mengungkapkan, tujuan pembangunan kesehatan tidak hanya dilakukan sektor kesehatan saja  melainkan semua sektor sehingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Atas dasar itulah  Wali Kota mengharapkan  semua pihak, mulai tingkat kecamatan, kelurahan sampai lingkungan  sebagai ujung tombak pembangunan untuk mengkampanyekan gerakan cuci tangan memakai sabun di tengah-tengah masyarakat.

“Marilah dengan semangat kemitraan, kita selenggarakan pembangunan kesehatan guna mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera di Kota Medan yang kita cintai bersama ini,” ungkapnya.

Hari Cuci Tangan (9)

Acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tingkat Kota Medan ditandai dengan simulasi cuci tangan yang dilakukan oleh Wali Kota bersama Ketua TP PKK Kota Medan dan Plt. Kaadis Pendidikan Kota Medan (Ramlan Tarigan), Kadis Kesehatan (drg Usma Polita), Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Kelurga Berencana (dr Edwin Effendi) beserta puluhan dokter kecil SD Pertiwi.

Sebelumnya acara diawali  dengan pembacaan Janji Hidup Sehat oleh para dokter kecil yang isinya merupakan janji untuk berprilaku sehat dengan menjadikan cuci tangan pakai sabun sebagai kebiasaan. Wali Kota snagat mengapresiasi digelarnya kegiatan ini  karena dinilai sebagai perwujudan  kepedulian akan pentingnya menjaga kebersihan diri mulai dfari hal terkecil seperti mencuci tangan dengan sabun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.