Kolom Andi Safiah: KEBEBASAN BERTANGGUNGJAWAB

0
97

Andi SafiahKonsekwensi dari kebebasan memang begitu. Anda harus tahan banting terutama dalam mempertahankan kebenaran yang anda yakini. Jika tidak kuat maka anda tidak layak menikmati kebebasan, karena hanya dengan kebebasan anda bisa mengerti sekaligus belajar banyak hal.

Karena kebebasan juga anda punya kesempatan menguji diri anda dalam ruang-ruang terbuka, bertemu dengan begitu banyak karakter manusia sekaligus karakter pikirannya.

Nikmatilah, kesempatan berpelukan dengan kebebasan. Kesempatan ini tidak banyak didapat oleh negara-negara lain. Anda termasuk salah satu yang beruntung karena Indonesia, walaupun terlihat acak dangdut, tapi masih tetap menghargai kebebasan.

Saya percaya bahwa menggunakan kebebasan dengan bertanggungjawab akan mendorong bangsa Indonesia pada level berdemokrasi yang lebih elegan. Pada saatnya kita akan bertemu dengan yang namanya kesetaraan secara alamiah. Pada awalnya memang selalu terlihat kacau. Namun, pelan tapi pasti, kebebasan mendidik kita untuk menjadi bangsa yang lebih dewasa dalam menyikapi berbagai perbedaan.

Terdengar sangat optimis, karena hidup saya memang selalu saya setting optimus prime.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.