Rakyat Miliki Andil Sukseskan Pemilu 2019

0
99
Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI (Fritz Edward Siregar) memberikan penjelasan dan arahan tentang Pemilu 2019 di hadapan pengurus Parpol dan Pawascam serta stakeholder Kabupaten Karo di Hotel Sinabung (Berastagi).

B. Kurni P.P.B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Untuk menyukseskan Pemilu 2019, Bawaslu mengharapkan partisipasi rakyat dalam pengawasan Pemilu. Komitmen ini dituangkan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI dalam slogan  yaitu “bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu.”


Fritz Edward Siregar (Koordinator Divisi Hukum Bawaslu RI) mengatakan, slogan  itu mengandung makna bahwa Pemilu adalah milik rakyat Indonesia.

Karena itu, suksesnya pemilu faktor utamanya adalah partisipasi rakyat dalam mengawasi jalanya Pemilu guna tercipta Pemilu yang demokratis dan berkualitas. Untuk Pemilu 2019,  Bawaslu mengharapkan keterlibatan rakyat mengawasi Pemilu sebagai pengawas partisipatif, ungkap Fritz Edward Siregar saat memberikan penjelasan terkait Pemilu  di Hotel Sinabung (Berastag,i Kabupaten Karo) [Kamis 27/12] pada acara sosialisasi peraturan Bawaslu tentang pemilihan umum.

Menurut Fritz Edward, Pemilu sukses bila sistem pengawasan dilakukan secara optimal, didukung penegakan hukum.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karo (Eva Juliana br Pandia) menambahkan, Pemilu adalah pesta demokrasi peruntukan rakyat Indonesia dalam mencari pemimpin dan perwakilan yang bisa pro rakyat. Karena itu, andil rakyat cukup besar pada Pemilu.

“Agar Pemilu 2019 berjalan bersih dan sukses, rakyat atau masyarakat harus mengawasi Pemilu. Selain datang ke TPS untuk menggunakan hak pilih, juga harus ikut mengawasi proses Pemilu,” tutur beru Sembiring Pandia ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.