PASAR SAYUR MEDAN LESU: Cabe, Kol, dan Kentang Membanjir

0
182

Laporan Elisabeth Barus

Elisabeth BarusPasar sayur mayur di Pasar Induk Laucih (Medan) secara umum lesu. Banyak barang yang tersisa alias tidak terjual. Tomat adalah pengecualian yang menurut istilah para pedagang cukup lancar pagi tadi [Rabu 9/1].

“Cabe merah dan cabe rawit sedang lesu,” kata para pedagang sayur ketika ditanyai bagaimana situasi penjualan cabe.

Penyebab kelesuan cabe ini adalah karena membanjinya barang. Di mana-mana sedang berlangsung panen raya cabe merah. terutama di sekitar Takeongon (Aceh Tengah) dan Limapuluh (Kabupaten Batubara, Sumut). Cabe rawit keadaannya tidak banyak berbeda. Hari ini banyak masuk barang dari Jawa, padahal  produk-poduk lokal sedang membanjir.

Kol dan kentang juga banyak yang tersisa. Penyebabnya, selain membanjirnya barang, minat beli juga agak menurun. Para pedagang menduga-duga penyebab menurunnya minat beli adalah karena baru saja berlalu Hari Natal dan Tahun Baru sehingga banyak uang konsumen yang keluar. Selain itu, musim masuk seolah telah mulai. Kemungkinan para konsumen memerlukan lebi banyak uang untuk biaya keperluan sekolah anak-anak mereka, dug para pedagang.

Tomat lumayan lancar. Meskipun harganya sedikit naik, karena memang stok tidak banyak dan minat beli juga cukup tinggi, maka tomat tidak ada yang tersisa. Naiknya harga tomat disebabkan musim hujan di Karo Gugung sehingga menghambat pemanenan atau sulitnya mendapat tenaga kerja buruh tani untuk memanen.

pasar induk jakarta 2

Berikut ini adalah daftar harga sayur myur yang sempat dicatat oleh reporter Sora Sirulo di Pasar Induk Laucih (Medan) pagi tadi [Rabu 9/1].

Kol Rp 2 ribu/ Kg

Sayur pait Rp. 2 ribu/ Kg

Sayur putih Rp. ribu/ Kg

Jipang Rp. 25 ribu/ 80 biji

Anak jipang Rp. 3 ribu/ Kg

Kentang jumbo Rp 5.500/ Kg

Kentang merah Rp. 6.500/ Kg

Arcis Rp. 25 ribu/ Kg

Buncis Rp. 7.500/ Kg

Sayur botol Rp. 3 ribu/ Kg

Terung boga Rp. 2.500/ Kg

Cabe merah Rp. 8 ribu/ Kg

Cbe rawit Rp. 20 ribu/ Kg

Cabe ijo Rp. 5.500/ Kg

Bunga kol Rp. 4.500/ Kg

Brokoli Rp. 4.500/ Kg

Bawang merah Rp. 20 ribu/ Kg

Bawang putih Rp.14 ribu/ Kg

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.