Kolom Boen Syafi’i: HANYA INGIN KEDAMAIAN

0
106

Boen Safi'iMertua saya pernah lama menjadi TKW di Saudi. Hal ini dapat dimaklumi jika hasil sawah yang mereka garap belum bisa dirasakan dampaknya secara signifikan. Kata mertua saya, “piye-piye, ekonomi kuwi kudu tetap jalan, le” atau bagaimanapun ekonomi harus tetap jalan.

Meskipun akses jalan menuju desanya tidak semudah akses jalan yang kita rasa saat ini, beliau tidak pernah mengeluh tentang infrastruktur yang masih amburadul itu.

Suatu ketika, saya iseng bertanya terhadap dirinya: “”Buk, mbenjang Pilpres panjenengan mileh sinten?” (Buk, di Pilpres nanti ibu pilih siapa?) Dengan tegas, mertua saya menjawab: “Jokowi, le”. Alasanya, bila milih Prabowo, maka negara ini akan diajak berperang saja.

Begitulah pemikiran kebanyakan orang desa seperti mertua saya. Mereka hanya ingin adanya kedamaian di dalam kehidupannya. Meskipun hidup sederhana, sedikitpun mereka tidak pernah mengeluh akan kondisi yang tengah dialaminya. Dan mindset bahwa Prabowo itu suka kekerasan dan hobi berperang, inilah yang sangat dibenci oleh masyarakat pedesaan.

gadis desa 10

So, orang baik akan selalu memilih orang yang baik pula. Saya yakin, Indonesia kita masih banyak stok orang baiknya. Timses Prabowo boleh saja menghasut orang-orang yang berada di kota, namun Timses Prabowo tidak akan bisa meruntuhkan hati nurani masyarakat desa.

Susah senang, itu tergantung dari mindset dan sudut pandang kita. Bukanya hasutan dari seorang Capres yang hobinya menggebrak meja, gara-gara beli apem 80 juta, tapi gak bisa memakanya. Eaaaaaaaa.

Salam Jemblem..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.