FILM ‘JANDI LA SURONG’ DILUNCURKAN 23 PEBRUARI DI BERASTAGI

Bupati Karo Terima Tim Crew Film 'Jandi La Surong'

0
499

B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Bupati Karo (Terkelin Brahmana) didampingi wakil ketua DPRD (Karo Efendi Sinukaban), Kadis Pendidikan (Eddi Surianta Surbakti), Kadis Parawisata (Ir. Mulia Barus), kADIS DPMD (Abel Tarwai Tarigan S SOS MT), Kadispora (Robert Billy Perangin-angin) menerima audensi panitia pembuatan film Jandi La Surong, Ori Semloko Sembiring beserta rombongan di Ruang Kerja Bupati Karo, Kabanjahe [Senin 21/1].

Menurut Ori sang sutradara, kedatangannya menyampaikan pembuatan film Jandi La Surong karya Muhammad tempel Tarigan sudah rampung dan siap untuk ditayangkan.

“Sejak awal pembuatan film kita melaporkan kepada Bupati Karo. Saat sudah rampung kita juga sampaikan. Ini semua karena Pemkab Karo sangat mendukung pembuatan film Jandi La Surong. Sejak awal, kami panitia mengapresiasi dukungan Pemkab Karo dalam pengangkatan film berkarakteristik Budaya Karo dari zaman dulu ini. Sendi-sendi budaya, objek wisata, dunia pendidikan, dan desa-desa di wilayah Kabupaten Karo akan kembali diangkat melalui pemutaran film ini nantinya,” papar Ori.

Selanjutnya, Ori meminta kesediaan Bupati Karo dan jajarannya agar hadir dalam pemutaran perdana film Jandi La Surong [Sabtu 23/2] di Mikie Holiday. Menurut penjelasannya, target karcis yang diedarkan sebanyak 1.150 sesuai kapasitas yang tersedia.

Bupati Karo mengapresiasi telah rampungnya film Jandi La Surong karya Muhammad Tempel Tarigan ini.

“Ini akan menjadi renungan bagi kita semua. Dalam penayangan film ini banyak sudah digali dari perspektif  budaya, pendidikan, desa, dan wisata. Ini akan ditonton oleh ribuan orang. Bisa menggugah kembali potensi-potensi yang terpendam di masa lampau untuk dikenang kembali,” jelas Terkelin.

Bupati menerangkan, pada prinsipnya, Pemkab Karo mendukung pemutaran film Jandi La Surong. Dirinya akan hadir sebagai kepedulian Pemkab Karo.

“Silahkan pihak sutradara berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Dispora, dan Dinas DPMD sehubungan kisah film ini hampir menyangkut dengan dinas-dinas tersebut. Kolaborasi sangat penting. Jangan setelah pemutaran perdana di Mikie Holiday selesai, hanya sampai di situ dan berhenti pula film ini. Saya mau terus berlanjut pemutaran film Jandi La Surong ini ke pelosok-pelosok desa dan ke sekolah- sekolah. Ini target saya,” tandas Terkelin.

Pesan bupati, mari semua warga Kabupaten Karo dan di luar Kabupaten Karo agar ikut menyaksikan sinema ini di Mikie Holiday. Bawa anak dan keluarga kita menonton bersama-sama.

Sementara mewakili dinas terkait, Robert Billy Perangin-angin membenarkan pemutaran sinema Jandi La Surong akan diluncurkan di Mikie Holiday.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak produser dan sutradara sejak awal untuk pemutarannya. Kita undang Forkopimda, organisasi yang ada di Kabupaten Karo. Selain itu PMS, HMKI, K3. Intinya, kita sudah kordinasi dengan dinas terkait, agar setelah pemutaran perdana di Mikie Holiday, masing-masing Dinas Pendidikan dan DPMD agar melanjutkan pemutarannya ke desa-desa serta ke sekolah-sekolah. Ini sudah komitmen kami antar lintas OPD,” tutur Robert, Mulia, Abel dan  Eddi.

Selanjutnya Robert menerangkan, selaku dia membidangi pembuatan film ini, tiket yang diberikan sutradara sudah dibagikan kepada hampir semua OPD seluruh Pemkab Karo sebagai dukungan Pemkab Karo untuk penayangan film Jandi La Surong. Terkait harga tiket, dapat menghubungi Dispora Kabanjahe dan mitra relawan seni budaya,” pungkasnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.