Sugihen Menuju Desa Wisata di Kabupaten Karo

0
483

EMMY F. PURBA. KABANJAHE — Minggu lalu [Selasa 15/1], Bupati Karo (Terkelin Brahmana) beserta rombongan mengunjungi Desa Sugihen (Kecamatan Juhar). Turut serta dalam rombongan, Kadis DPMD, Kadis Pemdes Kabupaten Karo beserta tim dari salah satu stasiun televisi swasta nasional. Kunjungan bupati dan rombongan kali ini, adalah dalam rangka peninjauan kelayakan Desa Sugihen untuk kemudian ditetapkan sebagai salah satu yang termasuk program Desa Wisata Kabupaten Karo.

Saat dikonfirmasi Sora Sirulo, Kepala Desa Sugihen (Asamta Ginting) membenarkan hal tersebut, perihal terpilihnya Desa Sugihen menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Karo.

“Benar. Sugihen terpilih menjadi salah satu desa wisata di Kabupaten Karo. Bapak Bupati dan Tim sudah melakukan peninjauan kemarin. Bupati juga menjelaskan kepada kami bahwa Desa Sugihen sudah layak menjadi desa wisata karena memenuhi syarat-syarat yang diberikan,” tuturnya.

Lebih lanjut Asamta Ginting menjelaskan soal syarat-syarat yang ditetapkan oleh Pemda Karo. Diantaranya adalah tersedianya penerangan desa (listrik) yang sudah memadai, jalan desa yang sudah layak, dan kesadaran masyarakat desa yang bersangkutan.


Namun, Asamta mengharapkan kesediaan Pemda Karo untuk segera membenahi beberapa hal yang menjadi penunjang keberhasilan program desa wisata ini nantinya, antara lain pelebaran jalan menuju desa yang masih sempit, dengan cara penimbunan dan pengerasan jurang di pinggir jalan. Sebab, dengan menyandang status desa wisata, lalu lintas akan lebih padat menuju Desa Sugihen nantinya.

Kasi Pelayanan Desa Sugihen (Arjuna Ginting) menambahkan bahwa kesadaran masyarakat juga masih perlu dipupuk di Desa Sugihen. Khususnya untuk menjaga kebersihan dan keindahan desa, serta meningkatkan karakter ramah tamah warga dalam menyambut dan berkomunikasi dengan pengunjung nantinya.

Lalu, apa yang mejadi pertimbangan Tim Peninjau di Desa Sugihen yang membuatnya layak menjadi salah satu Desa Wisata Kabupaten Karo?

Asamta Ginting didampingi Bendahara Pemdes Sugihen (Sumiati Br Ginting) menjelaskan kepada Sora Sirulo, salah satu objek yang menjadi daya tarik Desa Sugihen adalah hamparan padi sawah yang terbentang mengelilingi desa. Hamparan sawah di Desa Sugihen menjadi menarik dan indah karena memiliki pola dan tertata rapi. Biasanya sawah -sawah ini berbentuk tingkatan-tingkatan yang melingkar. Sehingga terlihat seperti kumpulan beberapa lingkaran yang tersusun rapi. Serta tentunya pemandangan pegunungan di sekeliling desa.

Pemerintahan Desa Sugihen juga mengharapkan kesediaan masyarakat di dalam maupun di luar desa untuk membantu mensukseskan program ini dengan cara menyumbangkan sarana-sarana yang menjadi penunjang keberhasilan desa Sugihen menuju desa wisata. Sumbangan tersebut bisa berupa bibit bunga atau bibit ikan untuk penanaman di kolam.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.