Kolom Ely Kristanti: EQUILIBRIUM

0
121

Equilibrium atau titik keseimbangan adalah titik harga yang terbentuk dari pertemuan antara permintaan dan penawaran suatu produk barang atau jasa. Baik permintaan maupun penawaran akan barang/jasa dipengaruhi oleh banyak faktor. Permintaan dipengaruhi oleh antara lain tingkat pendapatan, harga barang lain yang berhubungan, selera konsumen, jumlah penduduk, dan harapan masyarakat.

Sementara penawaran dipengaruhi oleh biaya produksi, teknologi, jumlah produsen, kebijakan pemerintah, faktor alam, dll.

Harga yang terbentuk pada suatu barang/ jasa dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan penawaran. Jika permintaan naik, penawaran tetap maka harga akan naik. Sebaliknya jika barang yang ditawarkan lebih banyak dari permintaan, maka harga akan cenderung turun. Di sinilah peran pemerintah diharapkan untuk menjaga stabilitas harga.

Jadi, tidak sekedar dinaikkan atau diturunkan, tetapi harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi.

Sebaiknya, sebelum kampanye ke pasar tradisional, pahami dulu barang/ jasa yang ditawarkan, supaya tidak terkaget-kaget. Melihat tempe tipis kaget, melihat tempe tebal kaget, melihat pete dikira wig, melihat cabe malah diduduki.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.