Kolom Bastanta P. Sembiring: SOAL DEBAT TADI MALAM (Kebakaran Hutan) (Sirulo TV)

0
255

Sedikit soal debat tadi malam. Pagi ini saya buka FB, ramai yang posting soal kebakaran hutan, termasuk melampirkan screenshot twittnya dari Greenpeace Indonesia. Dugaan saya, data itu semua, akumulasi dari berbagai lokasi (titik api).

Mungkin pembukaan lahan oleh masyarakat dari 0-3 hektar dan seterusnya juga dihitung dan dikumpulkan datanya dari seluruh wilayah Indonesia.

Pembukaan lahan (dengan dibakar) yang <300.000 hektar mungkin hanya tinggal beberapa lagi, dan ini mungkin tidak dicatat dalam keterangan tambahan. Walau demikian, tampak jelas dari data yang disajikan itu ada penurunan dari tahun ke tahun yang tidak boleh juga diabaikan.

Tetapi, satu yang harus juga diakui, sudah beberapa tahun ini kita terbebas dari asap kebakaran hutan. Negara tetangga seperti Singapura, Brunai dan Malaysia tidak lagi protes soal asap kiriman. Julukan lama Indonesia “selain pengekspor tenaga kerja rumah tangga juga pengespor asap” tidak lagi pernah terdengar.

Saya pengguna aktif Jalan Lintas Timur Sumatera sejak 1998 hingga kini. Baik naik bus atau kendaraan sendiri. Ini telah saya lakukan sejak eranya Karona, SDH (Sipirok Dolok Hole), Satuan Nusa, Kramat Djati, Liberty, Harum dsb masih berjaya di aspal Sumatera. Jalan masih banyak kubangan, terutama di sekitar Pangkalan Kerinci.

Itu saya ingat sekali karena pernah bermalam di sana akibat sebuah truk yang terperosok di kubangan jalan, dsb. Hingga saat ini, saya masih rutin melintasi Sumatera ini. Baik dari jarak pandang berkendara kurang dari 10 meter hingga jarak pandang lebih dari 100 meter, semua saya rasakan. Kisah lama itu tadi semua tidak pernah lagi saya alami.

Jadi, saya sangat rasakan udara Sumatera ini dan perubahannya dari masa ke masa. Memang yang saya sajikan ini bukan statistik angka-angka, tetapi ini data fakta ril di lapangan.

Bagaimana dengan di Pulau lainnya?

Mejuah-juah Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.