Rivian Umumkan Babak Investasi Senilai $700 Juta, Dipimpin Amazon

0
306

RANDALL LAZUARY. PLYMOUTH (Michigan, USA) — Rivian telah mengumukan babak investasi berbentuk saham senilai $700 juta, dipimpin Amazon. Investasi ini terwujud setelah Rivian meluncurkan mobil pikap yang seluruhnya digerakkan oleh listrik dan R1S SUV di ajang LA Auto Show pada November lalu.

Dengan membuka lembaran baru, Rivian telah mengembangkan sejumlah kendaraannya dengan mengutamakan para petualang di setiap keputusan desain dan teknik.

Beberapa produk yang diluncurkan perusahaan,  R1T dan R1S, sanggup menempuh jarak 400+ mil dan menyediakan kombinasi kinerja, fitur off-road dan utilitas yang luar biasa. Beberapa kendaraan ini memakai platform papan luncur fleksibel (flexible skateboard) buatan perusahaan, serta akan diproduksi di pabrik Rivian yang berada di Normal, Ill., sementara, pengiriman produk ke konsumen diperkirakan mulai dari akhir 2020.

“Investasi ini menjadi tonggak penting bagi Rivian dan peralihan menuju mobilitas yang lestari,” ujar RJ Scaringe, Pendiri dan CEO, Rivian. “Lebih dari sekadar menyingkirkan beberapa kompromi yang muncul di seputar kinerja, kemampuan dan efisiensi, kami berupa menggerakkan inovasi pada seluruh pengalaman pelanggan. Perwujudan visi ini membutuhkan mitra yang tepat, dan kami gembira memiliki Amazon yang menyertai kami dalam kiprah menciptakan berbagai produk, teknologi serta pengalaman yang mengubah berbagai harapan tentang hal-hal yang mungkin dicapai.”

“Kami terinspirasi oleh visi Rivian tentang masa depan kendaraan listrik,” kata Jeff Wilke, CEO Worldwide Consumer, Amazon. “RJ telah membangun perusahaan yang mengagumkan, dengan portofolio produk dan teknologi yang sama luar biasanya. Kami senang berinvestasi dalam sebuah perusahaan inovatif.”

Rivian akan tetap menjadi perusahaan independen. Amazon memimpin babak investasi ini, termasuk keikutsertaan dari para pemegang saham yang ada. Rincian tambahan tentang investasi tidak diungkapkan saat ini.

Tentang Rivian
Rivian mengembangkan sejumlah kendaraan, teknologi dan layanan yang menginspirasi berbagai orang untuk menelusuri serta menjajaki dunia. Dengan tim yang terdiri atas lebih dari 750 orang, Rivian memiliki sejumlah pusat pengembangan di Plymouth, Mich.; San Jose, Calif.; Irvine, Calif; dan Surrey, Inggris; serta pabrik seluas 2,6 juta kaki persegi di Normal, Ill. Rivian kelak meluncurkan R1T dan R1S di Amerika Serikat pada akhir 2020, lalu memperkenalkannya ke negara-negara lain di dunia mulai tahun 2021. Rivian kini menerima prapemesanan produk untuk R1T dan R1S. Informasi lebih lanjut tersedia di www.rivian.com.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.