Pemko Medan Sosialisasikan Pemilu Serentak Kepada Pemilih Pemula

SALMEN SEMBIRING — Demokrasi merupakan mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh suatu pemerintahan dan Pemilu merupakan salah satu alat demokrasi. Demikian disampaikan oleh Wali Kota Medan (Drs. H. T. Dzulmi Eldin S MSi MH) dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kota Medan (Sulaiman Harahap SH MSP) saat membuka acara Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pemilihan Umum, di Hotel Madani Jl. Sisingamangaraja/ Jl. Amaliun No 1 [Senin 18/2].

Dikatakan Sulaiman, sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya kepada para pelajar yang merupakan pemilih pemula.

”Para pelajar yang juga merupakan pemilih pemula ini harus diberikan pemahaman terhadap betapa pentingnya peranan masyarakat dalam kancah perpolitikan Indonesia. Sekurang-kurangnya ikut menggunakan hak suaranya ketika Pemilu,” ujar Sulaiman.

Mantan Kabag Hukum Setda Kota Medan ini juga menerangkan, sosialisasi ini merupakan bagian dari tanggungjawab Pemko Medan dalam menyukseskan Pemilu serentak 17 April mendatang. Ia mengharapkan dari pemilih pemula ini lah dibudayakan peduli akan nasib bangsa dan negara ke depan.

”Dari keikutsertaan pemilih pemula ini kita mulai merangsang generasi muda untuk mau peduli akan berjalannya penyelenggaraan negara,” ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik bagi generasi muda di daerah ini,  sehingga nantinya tercipta Pemilu yang jujur, adil, berdaulat dan berintegritas.

“Diharapkan dengan sosialisasi ini, Pemilu nanti dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kami ingin seluruh elemen masyarakat bersama-sama, termasuk pemilih pemula,menyukseskan Pemilu 2019 mendatang sehingga partisipasi masyarakat akan meningkat,” jelas Sulaiman.

Sebelumnya, Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol, Drs. Lilik, MAP, menerangkan, para peserta sosialisasi ini merupakan para pelajar SMA se-Kota Medan.

“Mereka merupakan pemilih pemula dalam Pemilu Serentak tahun ini,” ucapnya.

Bertindak sebagai pemateri, lanjutnya, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Medan. Zefrizal, SH., MH dan akademisi dari Fisip USU, Fazar Utama,S.Sos., M.Kessos.

Dalam sosialisasi itu, Zefrizal menyampaikan kepada para pelajar tentang lima jenis surat suara yang akan dicoblos pada hari pemungutan suara yakni calon presiden dan wakil presiden, calon DPD RI, calon DPR RI, calon DPRD Provinsi dan calon DPRD Kabupaten/Kota.

Selain itu, dia juga mengingatkan para pelajar untuk memastikan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih melalui aplikasi online KPU RI Pemilu 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.