Sirulo TV: LATIHAN KETTENG-KETTENG DI NEDERLAND

1
357

 

Selama ini memang sudah ada penampilan “Karo traditional live music” di Nederland, tapi kemarin [Sabtu 23/2] telah dimulai sebuah pelatihan muik tradisional Karo yang melibatkan beberapa orang Karo yang selama ini belum pernah belajar memainkan alat musik tradisional Karo.

Beberapa waktu lalu sudah ada tahapan pengenalan dan yang kemarin itu memulai pelatihan memainkannya bersama secara kelompok. Karena itu, pelatihan kemarin bisa dikatakan sebagai perdana.

Fokus latihan masih pada cara memainkan alat musik Karo ketteng-ketteng, meskipun diperkuat juga dengan mangkuk sebagai penganak tambahan dan kadang kulcapi, belobat, dan vokal untuk memancing penjiwaan dalam memainkan ketteng-ketteng.

Video pertama memperlihatkan salah satu bagian dari pelatihan memainkan tempo Odak-odak dan Simalungun Rayat, sedangkan video ke dua adalah wawancara Sirulo TV dengan para peserta latihan.

ketteng-ketteng 2
Latihan dimulai di halaman depan rumah Juni Sitepu di Zoetermeer karena ada matahari. Foto: Vanda Tarigan.

Kameraman adalah Bary, seorang pria Belanda yang mengawini putri Karo (Juni Sitepu) asal Rumanis, Dataran Tinggi Karo. Adapun presenter yang mewawancarai mereka adalah Juara R. Ginting yang sekaligus menjadi pelatih musik ini. Pelatihan diadakan di rumah Bary dan Juni Sitepu yang terletak di Zoetermeer, Nederland.

Selamat menyaksikan tayangan ini.

1 COMMENT

  1. Memperkenalkan musik tradisional Karo di Belanda dan kultur Karo sebagai salah satu suku bangsa dari Sumut.
    Juara R Ginting . . . ingat nama itu bersama dengan teman-temannya, dari dulu sampai sekarang di Eropah tidak pernah bosan dan semakin giat memperkenalkan Karo Culture sebagai salah satu kultur/budaya suku Bhinneka Tunggal Ika.
    Hasilnya memang nyata, Karo sudah dikenal luas sebagai suku berdiri sendiri, punya daerah dan kultur sendiri sebagaimana suku-suku lainya diseluruh nusantara ini. Terma kasih JRG!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.