Sirulo TV: MENYAMBUT SUGIHEN MENJADI DESA WISATA KARO

1
475
Hamparan sawah di Sugihen
Hamparan sawah di Sugihen

Emmy F. PurbaEMMY F. PURBA. JUHAR — Dalam menindaklanjuti penetapan Desa Sugihen sebagai Desa Wisata, Kadis DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) (Abel Tarigan) dan staffnya datang berkunjung ke Desa Sugihen (Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo). Rombongan disambut oleh Kepala Desa Sugihen (Asamta Ginting) didampingi oleh Arjuna Ginting (Kasi Pelayanan), Sumiati Br Ginting (Bendahara Desa), Rasaku Tarigan (Ketua BPD), dan Netti Br Ginting (Staf Umum) yang bertugas untuk menerima tamu yang berkunjung ke Desa Sugihen.

Asamta Ginting menjelaskan kepada Sora Sirulo [Selasa 26/2], kedatangan Kadis DPMD kali ini adalah untuk meninjau dan mengkoordinasikan ketersediaan/ kesiapan pemilik lahan dan warga Desa Sugihen menyambut pengembangan desa mereka menjadi desa wisata.

Dalam kesempatan ini, Abel Tarigan meninjau lokasi desa yang menjadi target desa wisata serta menampung beberapa hambatan yang ada dalam rangka pengembangan Desa Sugihen menjadi desa wisata. Abel menjelaskan, kesadaran warga desa harus terus dipupuk agar bisa merintis pembangunan desa dari hal yang paling sederhana untuk menunjang keberhasilan desa menjadi desa wisata.

Contohnya dalam menjaga kebersihan desa. Dimulai dari lingkungan tempat tinggal sendiri, membantu menjaga perawatan tanaman bunga di jalan dari gangguan hewan ternak, khususnya kerbau, dan membangun sapo (gubuk atau dangau) di ladang pribadi.

“Jika hal ini sudah berjalan dengan baik, ini akan mempermudah usaha Pemerintah Kabupaten Karo membantu pembangunan desa,” papar Abel Tarigan.

1 COMMENT

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.