Kolom Ganggas Yusmoro: JANGAN TERKEJUT JIKA ANDI ARIEF “DIBEBASKAN”

0
179

Ganggas Yusmoro 4Hukum adalah soal dimana sebuah kasus bermuara, dari barang bukti dan undang undang yang sedang berlaku. Tentu semua hanya pihak penyidik yang mempertimbangkan kasus hukum tersebut harus diproses lebih lanjut atau tidak. Persoalannya adalah, apakah Hukum di Republik ini sudah megimplementasikan rasa keadilan?

Apakah Hukum di Negri ini mewakili masyarakat luas agar ada keseimbangan bagi masyarakat umum dengan orang-orang yang banyak duit dan berada di lingkungan kekuasaan atau partai?

Banyaknya kasus hukum yang membuat kita terperangah, yang menciderai rasa keadalian: 

> kasus Ibu Meliana

> kasus anak Ahmad Dani yang membuat 7 nyawa melayang

> kasus nenek-nenek yang hanya mencuri sebutir semangka

> Rafi Ahmad yang juga direhabilitasi

> juga pasal karet yang menjerat Ahok

Dan masih banyak lagi.

Jika tiba-tiba Andi Arif dibebaskan dan wajib lapor, apakah itu menciderai rasa keadilan? Bisa iya, bisa tidak. Kenapa?

Semua tentu wewenang pihak kepolisian. Juga tergantung persepsi! Namun, sekali lagi, kita sebaiknya jangan terkejut jika sebuah kasus yang menimpa para politisi akan berakhir dengan tidak dramatis. Tidak sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Yang namanya politisi, tentu temennya banyak. Semua ahli hukum. Apalagi ini di tahun Politik, tentu akan dimanfaatkan sebagai amunisi untuk “menggerigi” petahana.

Memang seharusnya Hukum ya hukum, politik ya politik. Namun, di republik ini, apakah hal itu bisa diterapkan sebagaimana mestinya? Entahlah…. sepertinya Jauh panggang dari kompor. Hukum di Negri ini kadang seperti barang main-main. Bisa dibolak-balik.

Namun, satu hal untuk kasus Andi Arief, dia boleh cengar cengir, namun hukum sosial di masyarakat sudah memvonis Andi arief adalah manusia bejat. Kariernya di politik sudah tenggelam!

Jangan terkejut! Mari kita ngelus dada masing-masing melihat fenomena hukum yang terjadi. Dada masing-masing, ya ….

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.