Kolom Andi Safiah: PENGETAHUAN PALSU

1
153

Andi SafiahMenurut David Hume, agama lahir dari kebodohan dan ketakutan yang memang sengaja diciptakan sebagai alat kontrol massal. Sementara menurut saya, dalam era terbuka dengan beragam informasi berkwalitas yang dipresentasikan oleh banyak sumber, argumen ignorant dari agama hanya menjadi lelucon di hadapan reason & common sense.

Pada saatnya, manusia akan menyadari hidup ternyata lebih menarik tanpa illusi, apalagi tunduk pada ketakutan yang menjadi source utama dari agama-agama abrahamic barbar.

Melepaskan diri dari terrors menakutkan dari agama seperti terbangun dari mimpi buruk yang menyeramkan, dan ternyata itu hanyalah mimpi. Saya melihat sudah banyak manusia Indonesia yang perlahan-lahan terbangun dari mimpi buruk dan berusaha memahami realitas alam semesta yang tampil apa adanya, menyaksikan bunga berwarna warni di taman realitas.

Itulah keindahan hidup yang sesungguhnya, terbebas dari rasa takut akan ancaman mengerikan yang siap membantai anda after life karena anda menolak menjadi hamba yang idiot dan memilih secara sadar menjadi species natural macam species-species lainnya.

David Hume dalam “Dialogues Concerning Natural Religion” juga menyarankan agar kita menjadi manusia pembelajar yang senantiasa skeptic atas setiap informasi apalagi klaim. Intinya, bersikap kritis terhadap ilmu pengetahuan sekalipun, karena ternyata bukan hanya kebodohan yang berbahaya, tapi pengetahuan palsulah yang bahayanya di luar jangkauaan akal sehat.

1 COMMENT

  1. “Menurut David Hume, agama lahir dari kebodohan dan ketakutan yang memang sengaja diciptakan sebagai alat kontrol massal.” Ini mirip dengan sekarang dibilang brainwashing dan mind control. Neraka untuk menakut-nakuti, surga untuk hiburan, tetapi semua khayalan. Pengkhayal yang tidak logis adalah sasaran utama dan empuk bagi pendesign mind control.
    Mind control untuk apa? Menaklukkan semua nation (negara nasional) membangun tyrani global NWO.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.