ecorasa: Terobosan Teknologi Terkini Produk Kemasan Makanan & Minuman yang Ramah Lingkungan

Ita Apulina Tarigan 9ITA APULINA TARIGAN. JAKARTA — Apa yang hendak kita wariskan kepada generasi mendatang? Tentu bukan bumi yang dihiasi gunungan sampah plastik dan buih-buih plastik di lautan.

Melansir data riset Kementrian Lingkungan Hidup Indonesia, sampah plastik yang tidak terolah saat ini telah mencapai 26.500 ton per hari. Data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) bahkan menyebutkan sampah plastik di Indonesia mencapai 8,9 juta ton per tahun.

Salah satu penyumbang sampah plastik yang cukup signifikan berasal dari bungkus dan kemasan makanan dan minuman. Banyak yang menggunakan kemasan plastik konvensional dalam skala besar karena berbagai keunggulan yang dimilikinya, seperti ringan, tahan air, fleksibel dan sangat ekonomis. Tetapi, berbagai keunggulan yang dimiliki oleh plastik juga menciptakan masalah katastropiknya sendiri ketika produk plastik tersebut mencapai tujuan akhirnya, baik di TPA maupun jika tercecer di alam.

Ini telah mendorong PT Harapan Infiniti Mulia, yang juga berpartisipasi dalam International Indonesia Seafood & Meat (IISM) di Surabaya pada 21-24 Maret 2019, untuk meluncurkan ecorasa, terobosan dalam kemasan makanan dan minuman menggunakan teknologi Oxium yang terbukti di pasar.

Teknologi Oxium dalam Produk ecorasa

Oxium adalah bahan aditif plastik berteknologi 100% buatan Indonesia  yang sudah  mendapat paten dari Amerika Serikat dan Singapore. Aditif ini dapat memperpendek waktu yang dibutuhkan plastik agar teroksidasi, terurai dan dimakan mikroba dalam waktu lima tahun (bukan  fragmentasi fisik yang menghasilkan mikro-plastik, melainkan terurai secara molekuler dan kimia.)

Dengan mencampurkan bahan aditif Oxium ke dalam bahan baku plastik saat proses produksi, membuat kemasan ecorasa dapat terurai dalam waktu 2 hingga 5 tahun (tergantung desain) dengan paparan sinar matahari, panas dan/atau oksigen. Sementara kemasan konvensional membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun untuk proses degradasinya.

“Karena itu kami tawarkan ecorasa sebagai kemasan ramah lingkungan berteknologi oxium yang bisa cepat terurai secara cepat sehingga bisa kembali ke alam atau Return To Earth sebagai bahan organik. Semakin hari semakin banyak konsumen yang memiliki kesadaran menggunakan produk yang ramah lingkungan dan menginginkan adanya perubahan. Ecorasa hadir menjawab kebutuhan itu dengan menyediakan kemasan ramah lingkungan bagi pemilik usaha makanan dan minuman dan konsumen pada umumnya,” jelas Shivan, Founder brand ecorasa.

Keunggulan Produk ecorasa

Produk ecorasa telah lolos serangkaian uji laboratorium yang ketat. Kemasan ecorasa sudah tersertifikasi SNI Tipe 2 Ekolabel Indonesia, Food Migration Test, BPOM, EU Migration Standarddan Japan Migration Standard.

Kemasan ecorasa terbukti kuat, aman, memenuhi standar material food grade sehingga kualitas dan rasa makanan maupun minuman tetap terjaga. Dengan harganya yang reasonable atau tidak memberatkan, ecorasa hadir sebagai solusi bagi industri kemasan makanan dan minuman yang bukan hanya praktis, kuat, sistem kuncian yang sangat efektif dengan desain yang elegan, tapi juga sekaligus berperan nyata dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Hal ini membuat ecorasa dipercaya menjadi penyedia kemasan makanan dan minuman oleh berbagai brand HORECA yang terkenal bukan hanya karena kualitas dan profesionalismenya, tetapi juga karena keinginan mereka untuk peduli terhadap lingkungan.

“Kami hadirkan produk kemasan makanan dan minuman ecorasa sebagai upaya bersinergi dengan para pelaku industri makanan untuk turut berperan aktif mengatasi persoalan lingkungan yang sudah dalam kondisi darurat. Karena kita tidak mungkin bekerja sendiri-sendiri. Jadi mari kita bekerja sama menjaga sumber daya alam yang luar biasa ini, yang sudah dititipkan Tuhan kepada kita dengan cara yang berkelanjutan” pungkas Shivan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

WIDYA
Handphone  : 081212811876
Email              : [email protected]
Website          : ecorasa.id
Instagram      : @ecorasa.id

PT Harapan Infiniti Mulia
Grand ITC Permata Hijau, Blok Saphire No. 22, Arteri Raya Permata Hijau, Grogol Utara,
Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Indonesia, 12210

Foto – https://photos.prnasia.com/prnh/20190326/2414373-1

Tautan terkait:

One thought on “ecorasa: Terobosan Teknologi Terkini Produk Kemasan Makanan & Minuman yang Ramah Lingkungan

  1. Artikel dengan informasi yang menggembirakan dari segi lingkungan.

    -“kemasan ecorasa dapat terurai dalam waktu 2 hingga 5 tahun (tergantung desain) dengan paparan sinar matahari, panas dan/atau oksigen.”

    Inilah cita-cita manusia sekarang dengan tingkat kesadaran yang semakin tinggi. Kalau dulu bikin kemasan pembungkus makanan yang kuat dan tahan lama, sekarang bagaimana supaya tidak tahan lama, supaya cepat membusuk he he . . . Inilah yang positifnya perkembangan pikiran itu.

    Pikiran lama itu sudah jelas tekniknya, pakai bahan plastik dengan struktur kimia (molekulnya) ‘abadi’, susah terurai dari segi pembusukan biasa. Usaha-usaha baru sekarang bagaimana supaya ‘molekul abadi’ ini bisa terurai dalam jangka waktu singkat, banyak perusahaan yang sedang bersaing untuk menciptakannya. Yang paling masuk akal agaknya, atau pastinya ialah kalau terjadi proses kimia mengubah struktur ‘molekul abadi’ itu. Yang lainnya dengan campuran tapioka dsb, banyak yang meragukan karena yang membusuk ialah tapiokanya bukan molekul abadi itu. Balans antara ‘tahan lama’ dan ‘cepat busuk’ itulah kontradiksinya dan mencari solusinya soal kemasan makanan ini.

    Tetapi manusia terus berusaha, dan jalan yang tepat pastilah akan ditemukan juga dalam jangka waktu yang cepat kedepan. Kalau dulu memang tidak ada usaha maupun pikiran ke arah itu. Sekarang manusia berusaha, banyak aktivis giat bikin pencerahan, media sosial juga aktif, termasuk Sorasirulo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.