SALMEN SEMBIRING. MEDAN — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan menghadirikan sarana perekaman e-KTP di sela-seca acara Car Free Day (CFD) di Lapangan Merdeka Medan [Minggu 7/4: Pagi].  Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu mempermudah warga yang belum  melakukan perekaman e-KTP  agar dapat  melakukan  perekaman. Pasca 3 hari perekaman dilakukan dipastikan e-KTP selesai.

Warga dapat mengambilnya di Kantor Disdukcapil Jl. Iskandar Muda maupun kantor kecamatan sesuai dengan domisili tinggal.

Selain melakukan perekaman, stand Disdukcapil  juga menerima pergantian e-KTP warga yang  rusak maupun telah berakhir masa berlakunya. Di samping itu juga Disdukcapil  siap memberikan informasi selengkap-lengkapnya  menyangkut dokumen  kependudukan seperti KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian maupun lainnya sehingga masyarakat dapat mengetahuinya dengan jelas.

Kehadiran stand Disdukcapil  ini mendapat apresiasi  penuh warga yang tengah  berolahraga dan mengikuti CFD.  Satu persatu warga datang, selain melakukan perekaman, ada juga yang melakukan pergantian e-KTP karena rusak dan sudah berakhir masa berlakunya. Selain  itu ada juga warga yang datang hanya sekedar bertanya  mengenai  proses pengurusan dokumen kependudukan.  Semua warga yang datang dilayani petugas Disdukcapil dengan sebaik-baiknya.

Menurut Kadisdukcapil Kota Medan (Drs Zulkarnaian MS)i, langkah yang dilakukan ini  untuk lebih mendekatkan akses kepada masyarakat untuk memiliki tanda pengenal sebagai identitas diri (KTP). Sebab, KTP sangat penting karena merupakan kartu identitas diri seseorang untuk mendukung berbagai aktifitas sosial maupun ekonomi  masyarakat sehari-hari.

Dikatakan Zulkarnain, Disdukcapil terus mendorong kesadaran masyarakat untuk segera melakukan perekaman  guna mendapatkan e-KTP.

“Bagi warga Kota Medan yang sampai saat ini belum melakukan perekaman, kami harap segera melakukan perekaman. Selain Kantor Disdukcapil dan seluruh kantor kecamatan,  kami juga telah membuka sejumlah titik guna mempermudah masyarakat melakukan perekaman, salah satunya di Lapangan Merdeka  saat berlangsungnya CFD,” kata Zulkarnain.

Khusus di bulan April ini, bilang Zulkarnain, masyarakat bisa melakukan perekaman pada hari-hari libur seperti Sabtu, Minggu maupun hari besar lainnya.  Dikatakannya, Disdukcapil dan 21 kantor kecamatan yang ada di Kota Medan  siap melayani masyarakat yang ingin melakukan perekaman e-KTP.

“Mungkin karena padatnya aktifitas kerja, warga tidak bis amelakukan perekaman.  Guna mengatasinya, kita selama  bulan (April) ini siap melayani warga yang melakukan perekaman pada hari libur,” ungkapnya.

Kemudian Zulkarnain pun mengingatkan, masyarakat yang ingin melakukan pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP,  KK, akte kelahiran, akte perkawinan, akte kematian maupun lainnya agar melakukan pengurusan sendiri tanpa menggunakan jasa orang lain (calo). Dipastikannya, warga yang datang melakukan pengurusan akan dilayani dengan  sebaik-baiknya dengan membawa seluruh persyaratan yang telah ditetapkan.

Di kesempatan itu Zulkarnain mengungkapkan, saat ini sudah hampir seluruh warga Kota Medan yang wajib memiliki KTP telah melakukan perekaman e-KTP. “Hanya tinggal sedikit lagi warga yang belum melakukan perekaman, umumnya  mereka yang memiliki intensitas aktifitas sosial ekonomi cukup tinggi dan warga yang memasuki usia 17 tahun di tahun 2019 ini,” jelasnya.

Sejak dibuka mulai pukul 07.00 WIB, stand Disdukcapil tidak pernah sepi, warga silih berganti datang. Mereka pun sangat puas dengan hadirnya stand Disdukcapil, sebab sambil berolahraga dapat melakukan perekaman e-KTP maupun berkonsultasi terkait pengurusan dokumen kependudukan lainnya.

Dua orang warga yang tengah melakukan perekaman e-KTP yakni Zuraida (45) dan Ismanto (50), keduanya warga Kelurahan Gluigur, Kecamatan Medan Barat mengaku sangat puas dan senang dengan hadirnya stand Disdukcapil di sela-sela acara CFD karena sangat membantu dan mempermudah warga dalam melakukan perekaman.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH karena telah memepermudah warga dalam melakukan perekaman e-KTP di sela-sela acara CFD. Sambil berolahraga, kami dapat melakukan perekaman. Ini sangat membantu sekali, sebab kami tidak perlu lagi mendatangi Kantor Disdukcapil maupun kantor kecamatan. Kami harap pelayanan seperti ini terus dilakukan setiap kali CFD digelar,” ungkap Zuraida.

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.