3 RIBU KG JERUK KARO DIHANTAR KE ISTANA MERDEKA BESOK — Setelah Lintasi Jalan Lumpur Keterasingan Liang Melas (SiruloTV)

0 0
Read Time:1 Minute, 35 Second

Laporan DENHAS MAHA Dari Karo Berneh (Sumut)

Sebanyak 3 ribu kg jeruk manis hasil panen warga Liang Melas Dates (Dataran Tinggi Karo) menurut rencana akan diberangkatkan ke ibukota Jakarta, tepatnya Istana Merdeka, sebagai oleh-oleh kepada Presiden RI (Joko Widodo). Demikian disampaikan oleh Jimmy Perangin-angin, putra Liang Melas Dates kepada SORA SIRULO di Kuta Mbelin (Kecamatan Tigabinanga, Kabuaten Karo) siang tadi [Kamis 2/12].

Menurut Jimmy, warga Liang Melas Dates mengumpulkan panen jeruk mereka sebagai oleh-oleh saat mengadukan nasib mereka ke Presiden Jokowi yang mereka cintai.

“Kunjungan ke Presiden RI ini bermaksud memperkenalkan secara langsung kepada Presiden potensi pertanian, lingkungan alam/ geografis, kondisi kesejahteraan masyarakat, dan keadaan infrastruktur di Liang Melas Dates,” ujar Jimmy.

Persoalan utama warga Liang Melas adalah jalan yang menghubungkan wilayah ini dengan dunia luar rusak parah (lihat vidio). Dulunya warga menggunakan kuda sebagai transportasi yang menghubungakn wilayah mereka dengan dunia luar. Sejak dibuka jalan untuk kendaraan roda empat di tahun 1980an, hingga sekarang tak pernah diaspal.

Di tahun 1980an hingga 1990an, hanya beberapa Jeep Willis yang menghubungkan mereka dengan dunia luas. Itupun setelah melalui jalan berkubang dengan lubang-lubang yang dalam. Di Musim Penghujan, jalananan pun menjadi licing dan mudah terperosok ke lubang-lubang dalam.

Tak jarang roda kendaraan Jeep Willis ataupun belakangan Toyota hardtop dilingkari dengan rantai besi agar bisa melintasi kubangan licing.

Ketika disadari daerah ini sangat subur dan minim wabah penyakit pertanian, karena dikelilingi hutan lebat, warganya pun menggiatkan pertanian di daerah ini. Terutama sekali mereka bercocoktanam jeruk dan cabe merah.

Meningkatnya hasil panen pertanian dari Liang Melas Gugung membuat mereka membutuhkan angkuta lebih besar. Ada beberapa Colt Diesel yang menjadi angkutan utama hasil pertanian warga. Namun, terutama di saat Musim Penghujan ini, truk-truk Colt Diesel ini terpaksa melintasi jalan dengan ditarik oleh Toyota Hardtop (lihat vidio).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: