Skip to toolbar

ACG SCHOOL JAKARTA BANTU DORONG PERUBAHAN POSITIF DI KOMUNITAS — Lewat Berbagai Program Inisiatif Siswa

0 0
Read Time:4 Minute, 25 Second

Berfokus pada lingkungan dan seni pertunjukan, siswa-siswa ACG School Jakarta lakukan berbagai inisiatif untuk menghadirkan dampak positif bagi komunitas sekolah dan sekitarnya.

ITA APULINA TARIGAN. JAKARTA — Untuk melatih semangat kepemimpinan, siswa-siswa ACG School Jakarta menghadirkan berbagai proyek di luar akademis lewat program-program inisiatif siswa yang menginspirasi. Didirikan oleh sekelompok siswa sekolah menengah, dan dengan bimbingan staf pengajar ACG, inisiatif ini mencakup berbagai gerakan peduli lingkungan hingga hiburan live performance.

Program-program ini dirancang untuk melatih semangat kewirausahaan siswa dengan penekanan pada kreativitas, pemecahan masalah serta keterampilan berpikir kritis.

“Kami menginspirasi siswa untuk menghadirkan dampak positif lewat metode pembelajaran langsung. Lewat program-program ini, siswa diberi kebebasan untuk merancang dan menjalankan program secara mandiri, sekaligus memotivasi mereka untuk terus berpikir strategis dan melatih mereka semakin terampil secara intelektual, sosial, dan kepemimpinan yang penting sebagai asset mereka di masa depan,” ujar Shawn Hutchinson, Kepala Sekolah ACG School Jakarta.

Mengikuti pendekatan berbasis inquiry dari International Baccalaureate (IB) Diploma Programme, ACG School Jakarta memiliki visi yang kuat untuk melatih siswa semakin kreatif dalam memecahkan masalah, menjadi pengguna teknologi yang percaya diri, sekaligus memiliki pola pikir wirausaha.

Menyoroti pentingnya pengalaman belajar di luar lingkungan kelas, siswa pun didorong untuk membangun sistem dan inovasi yang benar-benar baru untuk mendorong perubahan positif.

Eco-Warriors:

Eco-Warriors adalah kelompok peduli lingkungan yang diinisiasi ACG School Jakarta untuk memperkuat kesadaran hidup berkelanjutan, baik di dalam maupun di luar komunitas sekolah.

Beberapa inisiatif yang diperkenalkan dalam program ini di antaranya himbauan penggunaan kertas daur ulang untuk berbagai pencetakan, upaya meminimalkan limbah, serta mengurangi jumlah plastik di lingkungan sekolah.

Sejak didirikan pada tahun 2015, Eco-Warriors telah bekerja keras untuk meningkatkan kualitas lingkungan sekolah mereka. Mereka juga telah memperkuat komunitasnya lewat berbagai partisipasi, di antaranya acara tahunan ‘Clean Up Jakarta Day’.

Setahun sekali mereka mengundang ratusan relawan mahasiswa, orang tua, dan staf untuk membantu mengumpulkan sampah anorganik dan bahan daur ulang dari jalan-jalan dan lingkungan Jakarta.

Saat ini, berkat upaya Eco-Warriors, sekolah ini masuk ke dalam proses penerimaan Green Flag International Award dan menjadi area ruang hijau terkelola yang terakreditasi secara global.

“Lewat program ini, kami terus belajar meningkatkan kemampuan diri dan berbagai keterampilan, mulai dari menulis hingga memecahkan dan mengidentifikasi masalah yang diharapkan dapat menginspirasi banyak orang,” ujar Ghina Watiman, siswa ACG School Jakarta dan anggota pelopor Eco-Warriors.

“Kami percaya program ini sangat membantu kami dan tim untuk memperkuat pola piker yang berkelanjutan, baik untuk diri sendiri maupun masyarakat.”

KarangKita

Program KarangKita didirikan pada Juni 2019, dengan melibatkan siswa dalam fokus program pelestarian dan pemulihan salah satu aset laut terbesar: terumbu karang.

Ide ini lahir dari kampanye penggalangan dana yang dilakukan siswa lewat kegiatan memproduksi dan menjual pin untuk membantu membiayai pendirian perkebunan karang.

Dalam program ini siswa telah menyerap banyak pelajaran berharga termasuk kerja tim, organisasi, dan proses pengelolaan usaha bersama dengan metode-metode bermanfaat untuk pengembangan individu. Mulai dari membuat barang-barang buatan tangan hingga menerapkan strategi pemasaran mereka sendiri, mereka dituntut untuk berpikir secara inovatif dan mandiri untuk menjadikan produk-produk tersebut sukses.

“Kerja keras kami terbayar ketika kami melihat pembentukan perkebunan karang pertama kami di Kiluan Dolphin Lampung tahun lalu,” jelas Head Girl Alisha Kemp, yang merupakan peserta aktif di KarangKita.

Café Society

Didirikan pada September 2019, Café Society menyediakan platform bagi para siswa ACG School Jakarta berbakat di bidang musik untuk mengeksplorasi bakat mereka, serta unjuk kemampuan diri yang dilakukan selama jam makan siang.

Tiga kali seminggu, kafetaria sekolah diubah menjadi tempat konser mini, dimana para siswa dapat menunjukkan talenta bermusiknya.

“Tujuan utama kami adalah untuk menginspirasi kreativitas di sekolah kami, terutama untuk siswa sekolah menengah ACG,” kata Lina Hutchinson, Year 12 Prefect dan anggota pendiri Café Society.

“Program ini juga memberikan peluang besar bagi siswa dan guru untuk berinteraksi dan bersenang-senang sambil makan siang.”

Café Society mengajak siswa untuk berani mengambil tantangan, sekaligus mengejar mimpi mereka di bidang musik, lewat kesempatan performance untuk membangun kepercayaan diri. Di sini, siswa berfokus pada talenta individu yang terus bergerak dan dinamis, yang sekaligus menjadi ajang untuk saling mendukung lewat suasana yang positif.

Komitmen ACG School Jakarta ialah untuk mewujudkan visi sekolah dalam memperkaya siswa dengan berbagai pengalaman belajar dan praktik kehidupan nyata. Melalui inisiatif ini, mereka terus  menumbuhkan perkembangan empati, serta keinginan untuk menghadirkan kekuatan positif bagi perubahan di masa depan.

Tentang ACG School Jakarta:

Sebagai sekolah internasional dengan standar pendidikan yang tinggi di level global, ACG School Jakarta menyediakan layanan pendidikan dengan kualitas dan hasil yang terbaik, menekankan pada nilai-nilai, kerja sama, serta suasana multicultural yang membangun.

Menempati lokasi strategis di Jakarta Selatan dan mudah diakses melalui jalan tol lingkar luar, sekolah ini menekankan pendidikannya pada pembelajaran akademis, yang didukung oleh kurikulum internasional yang inovatif dan para pengajar berkualitas tinggi.

Dedikasi ACG School untuk mengembangkan kualitas individu juga tercermin dalam kegiatan ekstra kurikuler, termasuk kelas bahasa Mandarin dan Inggris, catur dan berbagai pelajaran musik, olahraga dan budaya, serta aktivitas yang mengasah kepemimpinan.

Lewat pengajaran berkualitas tinggi, ruang kelas berfasilitas, serta area outdoor dan lingkungan yang menyenangkan, ACG School menghadirkan tempat belajar yang modern, aman, dan sangat menstimulasi siswa untuk terus berprestasi.

Foto cover: Penanaman Terumbu Karang di ACG School Jakarta
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: