Skip to toolbar

Kolom Sri Nanti: BACK TO SUWUK?

0 0
Read Time:53 Second

Orang miskin pakai BPJS Kelas 3, yang iurannya TIDAK NAIK. Yang naik Kelas 1 dan 2 yang rata-rata pemakainya golongan mampu. Terus, kenapa ribut kenaikan iuran BPJS memberatkan orang miskin?

BPJS orang miskin kan tidak naik malah ada yang gratis!

Kalau tidak mampu di Kelas 1 ya turun Kelas 2. Kalau Kelas 2 masih berat ya turun ke Kelas 3. Kalau Kelas 3 masih nggak mampu, minta surat keterangan miskin biar 100% dibayarin negara.

Gitu aja kok repot…

Kalau nggak mau dibayarin negara karena suka jelek-jelekin negaranya, ya nggak usah ikut BPJS. Balik lagi seperti zaman Tahun 70-80an. Kalau sakit disuwuk saja. Banyak yang sembuh kok.

Kalau nggak mau pakai suwuk, saat sakit parah ya kuras tabungan, jual sawah, jual kerbau, jual kambing, jual rumah untuk biaya berobat. Zaman dahulu kan seperti itu, nggak ada yang protes. Sekarang dikasih banyak pilihan kemudahan kok masih rewel.

Catatan

Suwuk= SUmingkirWUjudKangolo (Sebuah tehnik pengobatan tradisional Jawa melalui rapalan japa mantra untuk mengusir bentuk yang buruk dari dalam diri manusia baik penyakit maupun sifat buruk lainnya).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: