Skip to toolbar

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba Adakan Site Visit Program Pelatihan Kepariwisataan Masyarakat Kawasan Danau Toba

Read Time:1 Minute, 38 Second

ARRY GINTING. BANDUNG —  Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata telah sukses melaksanakan Site Visit Program Pelatihan Kepariwisataan untuk masyarakat kawasan Danau Toba di Bandung [Minggu 25/11 – Selasa 27/11]. Acara ini diadakan khusus untuk para orangtua yang putra – putrinya sedang mengikuti program pelatihan kepariwisataan di STP Bandung selama 8 bulan.

Sebagai pengelola kawasan, BPODT tidak hanya fokus pada pengembangan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas lainnya, tapi juga pada penyediaan sumber daya manusia yang memadai.

Saat ini, BPODT tengah mempersiapkan sumber daya manusia yang berasal dari penduduk sekitar lahan otorita kawasan Danau Toba untuk menjadi bagian dari kawasan pariwisata Danau Toba. BPODT mengirim 22 orang lulusan SMA/ sederajat yang berasal dari 6 desa di sekitar lahan otorita untuk mengikuti pelatihan di STP Bandung selama 8 bulan (Oktober 2018 – Mei 2019).

Melalui acara Site Visit Program Pelatihan Kepariwisataan Masyarakat Kawasan Danau Toba, BPODT mengajak para orangtua/ wali siswa untuk mengunjungi anak-anak mereka yang tengah menempuh pelatihan kepariwisataan dan juga diskusi dengan ketua program serta para dosen untuk mengetahui perkembangan anak-anaknya selama menempuh pelatihan di Bandung.

“Selain mengunjungi anak-anak mereka yang sedang menjalani pelatihan, para orangtua juga kami ajak berwisata di Kota Bandung untuk melihat bagaimana situasi industri pariwisata di Bandung seperti hotel, restaurant dan destinasi hutan Cikole yang sangat indah dan alami. Mereka diajak melihat standar pelayanan dan keramahan di Bandung, mulai dari porter yang berada di Bandara, driver bus wisata yang kami gunakan, pelayan restoran, satpam hotel, dsb. Tujuan diadakannya kegiatan ini, agar para orangtua terbuka wawasannya tentang pariwisata ke depannya,” papar Rommy Fauzi selaku Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BPODT dalam acara Site Visit Program Pelatihan Kepariwisataan Masyarakat Kawasan Danau Toba.

Sebagai informasi, di atas tanah seluas 386 hektar yang berada di kawasan Toba Samosir, nantinya akan dibangun fasilitas-fasilitas penunjang pariwisata seperti hotel dan resor berstandar internasional, arena meeting, incentive, convention and exhibition (MICE), agro-forestry, pertanian organik, wisata desa, dan masih banyak lagi lainnya.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: