Skip to toolbar

Kolom Boen Syafi’i: BANGSA AJAIB ITU BERNAMA INDONESIA

0 0
Read Time:1 Minute, 18 Second

Ya, bangsa ajaib itu adalah bangsa kita, Indonesia. Bagaimana tidak ajaib? Ratusan agama dan aliran kepercayaan, ribuan suku dan etnis, ribuan adat istiadat menjadi satu kesatuan dalam bingkai sebuah negara besar yang bernama Indonesia. Padahal, di jazirah Arab sana, jangankan yang berbeda suku, yang berbeda aliran wae sudah saling bunuh. Nah, hebat sekali negara kita, bukan?

Pertinyiinyi, kenapa Bangsa Indonesia selama ini bisa bersatu padu di tengah banyaknya keberagaman?

Selain karena idiologis bangsa yang kuat yakni Pancasila yang Berbhineka Tunggal Ika, ternyata Persatuan Indonesia selama ini juga didukung oleh karakter luar biasa, yang sebagian besar dimiliki oleh rakyatnya.

Karakter apakah itu? Karakter yang selalu bahagia, selalu survive, tidak cengeng dan suka tertawa. Gak percaya?

Lihat saja ketika ada konser musik dangdut koplo dan ketika biduannya menyanyikan lagu-lagu melankolis seperti BOJO ANYAR, KANDAS, MEMORI BERKASIH dll, lantas bagaimanakah reaksi dari penontonnya? Ternyata bukanya malah bersedih, meneteskan air mata, ataupun menjedot-jedotkan kepalanya ke pintu ketika mendengarkan lagu-lagu tersebut. Eh, mereka malah berjoged ria, berjingkrak-jingkrak dan bahkan masih ditambahi dengan teriakan “Hak’e Hak’e” pula.

Piye edian tenan, bukan?

Sekali lagi, hal ini membuktikan bangsa kita bukanlah bangsa yang suka mengeluh ataupun cengeng ketika menghadapi berbagai masalah yang mendera. Melainkan bangsa yang kuat, survive, bahagia dan suka tertawa meski apapun kondisinya.

Inilah yang menjadi salah satu faktor penting kekuatan persatuan yang dimiliki oleh bangsa kita. So, kesimpulanya adalah, jika ingin bahagia dan selalu bisa mengatasi masalah, maka rajin-rajinlah untuk: “Ber Hak’e Hak’e Ria”

Salam Jemblem..

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: