Skip to toolbar

Kolom Edi Sembiring: BESOK PETANI KARO HILIR DATANGI ISTANA NEGARA — Aksi ‘Petani’ di Simalingkar Pagi Tadi Disinyalir Bayaran PTPN II

0 0
Read Time:1 Minute, 46 Second

Setelah 3 hari beristirahat di Gedung YTKI (Yayasan Tenaga Kerja Indonesia), Jakarta, 170 petani Karo Hilir akan bergerak ke Istana Negara. Para petani telah berjalan kaki sepanjang 1.812 kilometer selama 45 hari.

Dewan Pembina Serikat Petani Simalingkar dan Mencirim Bersatu (Aris Wiyono) via WhatsApp (WA) kepada SORA SIRULO menyampaikan, para petani bermalam di YTKI sambil menunggu penyelesaian yang dijanjikan oleh Kementrian BUMN dan Komisi VI DPR RI.

Apabila sampai malam ini tidak ada penyelesaian, esok pagi [Selasa 11/8], para petani akan bergerak menuju Istana Negara, Jakarta. Para petani akan didampingi oleh kelompok-kelompok agraria, tani, buruh dan mahasiswa seperti KPA Gerbang Tani, GMNI, GP Anshor, WALHI, KASBI.

Aksi bayaran terjadi tadi pagi di Desa Simalingkar yang disinyalir dibayar oleh pihak PTPN II untuk memberi kesan bahwa inilah petani penggugat yang sebenarnya sedangkan yang berjalan kaki menuju Istana Negara adalah liar.

“Hari ini [Senin 10/8], telah terjadi aksi di lokasi desa Simalingkar, tepatnya di kantor sementara PT Nusa Dua Bekala. Aksi massa yang mengatasnamakan petani tersebut ternyata merupakan aksi bayaran dan disinyalir dibayar oleh pihak PTPN II sendiri,” kata Aris.

“Entah apa kepentinganya pihak PTP II melakukan semua ini. Kami petani yang ada di lokasi desa Simalingkar merasa lucu dan risih melihat semua praktek-praktek yang dilakukan oleh pihak PTP II di lokasi konflik,” kata Aris.

“Dan yang lebih memilukan seolah-olah para pendemo diterima perwakilannya dan diselesaikan dengan skema pemberian tali asih dan dipermudah untuk turut serta mendapatkan rumah dengan subsidi,” lanjut Aris.

Sebagian para petani Karo Hilir tenyata jemaat GBKP. Di Hai Minggu kemarin, mereka menyanyikan beberapa lagu gereja berbahasa Karo.
Saat para petani Karo Hilir diwawancarai oleh reporter TV CNN

“Praktek-praktek serupa sering dan kerap terjadi pada area-area konflik yang dilakukan oleh PTPN II di semua lokasi konflik yang ada di Sumatera Utara. Dengan kenyataan-kenyataan seperti ini justru seharusnya pemerintah pusat melek dan peka terhadap apa yang sudah dilakukan oleh pihak perusahaan plat merahnya,” kata Aris.

Penulis saat bercengkerama dengan paa petani Karo Hilir kemain.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: