Dinas PU Menormalisasi Gorong-gorong Jl. Bilal

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

NELSON GINTING. MEDAN. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan menormalisasi gorong-gorong di Jl. Bilal, Medan [Selasa 26/9]. Normalisasi ini dilakukan dalam bentuk pengorekan gorong-gorong yang selama ini tersumbat oleh lumpur dan sampah. Tak pelak penyumbatan itu menyebabkan air tidak dapat mengalir.

Akibatnya, air drainase selalu meluap dan menggenangi jalan dan halaman rumah tangga setiap kali hujan deras turun. Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menurunkan puluhan pekerjanya untuk mendukung kelancaran pengorekan gorong-gorong tersebut. Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul dan penggaruk, pengorekan yang dilakukan mulai sejak pagi ini juga didukung satu unit mobil penyedot lumpur.




“Kawasan ini sangat rentan digenangi air, terutama ketika intensitas curah hujan cukup tinggi. Penyebabknya lantaran gorong-gorong yang ada tidak berfungsi akibat terjadinya penyumbatan. Untuk mengatasinya, gorong-gorong ini harus dikorek sehingga air dapat menmgalir kembali,” kata Syahnan.

Sebelum pengorekan dilakukan, petugas lebih dahulu mengangkati sampah yang memenuhi sekitar gorong-gorong. Setelah sampah bersih, barulah petugas mengorek lumpur bercampur dari dalam dasar gorong-gorong. Tak jarang beberapa petugas terpaksa masuk dalam gorong-gorong untuk mengorek lumpur yang bercampur sampah.

Di saat tingkat kesulitan semakin tinggi dan tak mungkin lagi petugas masuk lebih jauh dalam gorong-gorong, barulah mobil penyedot lumpur diturunkan. Selanjutnya selang pun dimasukkan ke tengah-tengah gorong-gorong dan dilanjutkan dengan penyedotan. Upaya ini berhasil, banyak lumpur tersedot sehingga penyumbatan yang telah terjadi akhirnya dapat diatasi.








Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: