Gotongroyong Pengorekan Parit Martubung

0 0
Read Time:2 Minute, 13 Second

NATALIE SEMBIRING. MEDAN. Wakil Wali Kota Medan (Ir H Akhyar Nasution MSi) meninjau gotongroyong yang dilaksanakan masyarakat Blok 4 dan 8 Griya Martubung, Kelurahan Besar (Medan Labuhan) [Minggu 15/10]. Dalam gotongroyong ini, warga sekitar membersihkan parit siluang sepanjang 300 meter yang selama ini tersumbat akibat dipenuhi sampah dan semak belukar.

Peninjauan ini dilakukan Wakil Wali Kota usai mengikuti Car Free Day (CFD) dan senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan. Penyumbatan itu menyebabkan parit siluang selama ini tidak berfungsi. Akibatnya setiap kali hujan deras turun, parit siluang tidak mampu mengalirkannya menuju parit belanda di Medan Labuhan untuk selanjutnya diteruskan ke Sungai Seruwai.




Itu sebabnya air melimpah dan menggenangi halaman dan rumah warga sekitar. Menurut para warga, kondisi ini diperparah lagi karena kawasan KIM sudah tidak memiliki daerah resapan air lagi, sehingga air dari KIM langsung menuju Griya Martubung.

Salah satu upaya meminimalisir banjir ini, warga pun membersihkan parit siluang. Pembersihan parit siluang ini melibatkan ratusan warga dibantu 50 personil Petugas Pemeliharaan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU) Kecamatan Medan Labuhan. Kemudian ditambah dengan lurah, kepala lingkungan serta Satpam Griya Martubung.

Dalam gotong royong ini, warga bahu membahu membersihkan parit siluang menggunakan cangkut dan penggaruk. Ada yang membersihkan dari atas parit, ada juga yang memasuki parit dengan kedalaman sepinggang orang dewasa.  Sampah dan semak belukar yang menutupi permukaan parit sedikit demi sedikit berhasil dibersihkan.

Wakil Wali Kota didampingi Camat Medan Labuhan Arahman Pane serta Lurah Martubung (Fadli) dan Lurah Pekan Labuhan (Nasib) sangat mengapresiasi gotongroyong yang dilakukan warga. Dikatakannya, mengantisipasi banjir tidak bisa hanya mengandalkan sepenuhnya kepada Pemko Medan tetapi harus mendapat dukungan dari seluruh warga.

“Jika semua masyarakat peduli seperti ini, insya Allah kita dapat meminimalisir banjir yang terjadi selama ini. Pemko Medan saat ini sudah mengkaji  cara mengatasi banjir ini secara teknis bersama pihak KIM. Untuk itu saya berharap kepada masyarakat agar tetap bersabar menghadapi banjir, kita berupaya secepatnya mengatasinya,” kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Wali kota mengajak warga untuk  rutin bergotongroyong, terutama menjaga kebersihan parit siluang dengan tidak membuang sampah di dalamnya. “Jika parit  ini tersumbat, tentunya air tidak dapat mengalir menuju pembuangan akhir sehingga menimbulkan banjir. Untuk itu mulai saat ini mari kita rutin membersihkannya agar air parit lancar mengalir,” harapnya.

Setelah itu Wakil Wali Kota meninjau gotong royong yang dilaksanakan warga Perumahan Mega Martubung di Kampung Bahari, sekitar 1 kilometer dari Griya Martubung. Warga juga membersihkan parit  yang merupakan aliran dari parit siluang di Griya Martubung. Kehadiran Wakil Wali Kota untuk mendukung aksi warga agar terus menggelorakan semangat gotong royonng dalam kehidupan sehari-hari.








Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: