Skip to toolbar

JIS Terus Mencari Pemimpin Indonesia Masa Depan melalui Beasiswa Bhinneka Tunggal Ika

0 0
Read Time:4 Minute, 13 Second
  • Anggota komunitas JIS dan tamu-tamu khusus menghadiri acara penggalangan dana untuk merayakan program beasiswa utama.
  • Melanjutkan kesuksesan penyelenggaraan pada tahun akademik 2018/19, Bhinneka Tunggal Ika saat ini sedang mencari penerima beasiswa di tahun kedua.

Ita Apulina TariganITA APULINA TARIGAN. JAKARTA — Melanjutkan komitmen kuat dalam mendukung Indonesia melalui pendidikan, Jakarta Intercultural School (JIS) mengadakan acara penggalangan dana pada hari Sabtu 16 Februari 2019, untuk merayakan tahun ke dua beasiswa Bhineka Tunggal Ika (BTI). Program ini juga ditujukan demi meningkatkan kesadaran tentang pencarian berkelanjutan JIS untuk memimpin Indonesia di masa depan.

Bertema Merah Putih untuk menghormati negara tuan rumah Indonesia, penggalangan dana mengundang anggota komunitas JIS dan sejumlah tamu istimewa, untuk berkumpul bersama dalam semangat memberi kembali dan memastikan pendidikan berkualitas tinggi untuk semua.

Pembicara terkemuka yang berbagi apresiasi dalam ajang BTI, antara lain Kepala Sekolah JIS Dr. Tarek Razik, Presiden Direktur Persada Capital Investama Arini Subianto, mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, serta Direktur Utama dan CEO Caturkarsa Megatunggal Jimmy Masrin.

“Saya sangat bangga dikaitkan dengan organisasi yang sangat peduli terhadap pendidikan untuk meningkatkan kehidupan individu di negara ini,” Dr. Razik mengumumkan dalam pidatonya.

Kami di sini malam ini untuk mengumumkan kepada semua orang bagaimana kami bisa membantu. Bagaimana kami dapat membantu siswa, bagaimana kami dapat membantu JIS dan bagaimana kami dapat membantu Indonesia.”

BTI diluncurkan pada tahun akademik 2018/19 dengan tujuan memberikan siswa Indonesia yang berprestasi secara akademis kesempatan untuk memenuhi potensi penuh mereka di JIS. Mereka akan memperoleh pengalaman pendidikan berkualitas tinggi yang didanai sepenuhnya hingga lulus. Dua siswa yang luar biasa telah dipilih tahun lalu dan saat ini mereka sedang melakukan studi dan kegiatan ekstrakurikuler dengan sangat baik.

Watch this video on YouTube.

Menurut Gita Wirjawan, para siswa dan calon penerima BTI ini mencerminkan peran aktif JIS dalam menjawab kebutuhan yang lebih luas, “Untuk menghasilkan produk pendidikan yang memiliki kecerdasan, kesadaran, ketabahan mental, dan pandangan jauh ke depan bagi Indonesiaagar menjadi negara yang siap bersaing.”

“Membawa seorang siswa dari sekolah umum di BantenNusa Tenggara Timur, Maluku Utara atau dari sekolah umum di Papua untuk mendaftar di JIS sampai dia lulus adalah simbol kemampuan JIS untuk menekankan bahwa bakat itu universal, tetapi peluang tidak,” tambahnya.

“Jika siswa itu diberi kesempatan untuk belajar bagaimana berbicara bahasa Inggris, matematika, fisika, sastra, musik, maka semangat Merah Putih akan bertahan selamanya.”

Bagi Jimmy Masrin, philantropis dan pengusaha sukses Indonesia dan alumni JIS, acara penggalangan dana memungkinkannya untuk mengingat kembali tahun-tahun formatifnya di sekolah. Ia juga menggarisbawahi pentingnya beasiswa bagi siswa Indonesia lain yang mungkin tidak memiliki kemampuan keuangan untuk menerima kesempatan yang sama untuk pendidikan berkualitas.

“Hadiah paling berharga yang diberikan orang tua saya adalah pendidikan di JIS. Saya tidak bisa membayangkan fondasi pendidikan yang lebih baik untuk Indonesia, “katanya.

“BTI adalah masa depan Indonesia; ini adalah skenario yang mengubah hidup.”

Jimmy Masrin juga melihat kembali saat bagaimana JIS membantunya tumbuh sebagai warga dunia dan mencapai tingkat keberhasilannya saat ini sebagai seorang pengusaha. Ia berbagi kisah tentang bagaimana hidupnya dibentuk di JIS dalam acara tersebut.

Siswa kelas 11 SMA JIS, Farheen Shamdasani menggambarkan pengalamannya di sekolah sebagai “mimpi siswa”, yang dapat membantunya mencapai tujuannya memberdayakan kaum muda di seluruh Indonesia.

“Saya selalu berpikir bahwa karena saya masih sangat muda, pendapat saya tidak akan dihargai. JIS telah memberdayakan saya untuk memperjuangkan apa yang saya sukai dan menanamkan nilai-nilai inti dalam diri saya yang saya gunakan setiap hari untuk membuat dampak pada dunia; karena saya berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi dunia,” kata Farheen.

Watch this video on YouTube.

“Ini adalah komunitas pemikir paling bersemangat dan kreatif yang saya kenal dan komunitas yang saya harap dapat berkembang melalui pertumbuhan program beasiswa BTI.”

Komite BTI saat ini sedang dalam proses memilih tiga penerima lagi untuk tahun ajaran 2019/20, setelah mengunjungi sekolah menengah negeri (SMPN) dan sekolah menengah negeri (SMAN) diseluruh Jakarta dalam Beasiswa Road Show. Mereka termasuk SMPN 111, SMPN 49, SMPN 115, SMPN 216, SMPN 41, SMPN 225 dan sekolah menengah atas SMAN 3, SMAN 28, serta sekolah induk JIS SMAN 8.

Tentang Jakarta Intercultural School

JIS didirikan pada tahun 1951 oleh para pekerja PBB yang bertujuan untuk memperkenalkan sekolah yang relevan dalam bahasa Inggris untuk anak-anak ekspatriat di Indonesia yang baru merdeka. Awalnya bernama Joint Embassy School (JES) setelah kemitraan antara kedutaan Inggris, Amerika, Australia dan Yugoslavia, JIS menjadi pelopor untuk pendidikan internasional di nusantara.

Watch this video on YouTube.

Perubahan nama pada tahun 1974 membuat kami menjadi Jakarta International School dan akhirnya Jakarta Intercultural School pada tahun 2014. Hari ini, dengan harapan yang tinggi untuk pembelajaran yang berorientasi pada hasil dan partisipasi, JIS membantu setiap anggota komunitas tumbuh menjadi yang Terbaik untuk Dunia.

Dalam perjalanan hampir 70 tahun, kami menghargai setiap pelajar yang kisah pribadinya memperkaya kisah kami. Dengan sekitar 2.400 siswa, lebih dari 250 anggota fakultas, serta banyak alumni dan orang tua yang berkontribusi setiap hari untuk warisan sekolah dan dunia di sekitarnya, komunitas kami yang beragam tetap giat, rendah hati, dan termotivasi untuk terus tumbuh sebagai pembelajar seumur hidup.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi https://www.jisedu.or.id/scholarships

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: