Kampanye Kebersihan Kelurahan Titi Rantai, Medan

0 0
Read Time:3 Minute, 22 Second

JEBTA B. SITEPU. MEDAN BARU. Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) diwakili Kadis Kebersihan dan Pertamanan HM Husni sangat mengapresiasi digelarnya kampanye sampah yang dilaksanakan oleh Kelurahan Titi Rantai (Medan Baru) di Lapangan Citra Garden Jl. Jamin Ginting,  Medan [Jumat  3/11]. Sebab, out put yang diinginkan dari kegiatan ini adalah untuk mengajak seluruh warga hidup bersih dan tidak membuang sampah sembarangan.


Selain membagikan brosur dan stiker yang berisikan ajakan untuk rutin melaksanakan gotong royong membersihkan drainase dan parit serta tidak buang sampah sembarangan,  kampanye kebersihan ini juga diisi dengan pawai yang diikuti para pelajar, mahasiswa serta ibu-ibu pengajian.




Untuk mendukung terciptanya kebersihan, Kelurahan Titi Rantai  telah membentuk tim informasi dan saber sampah.  Tim informasi ini merima pengaduan dari warga mengenai sampah, sedangkan tim saber sampah yang bertugas mengangangkat sampah bertumpuk maupun berserakan.

“Atas  nama Wali Kota, saya mengapresiasi  apa yang dilakukan Kelurahan Titi Rantai, Kecamatan Medan Baru dengan menggelar kampanye  kebersihan ini.  Selain sangat positif dalam upaya untuk meningkatkan kebersihan,  kegiatan ini  yang sarat dengan sosialisasi ini juga dapat menjadi edukasi bagi masyararakat,” kata  Husni.

Oleh karenanya Husni berharap agar kampanye kebersihan ini harus menjadi budaya di tengah-tengah kehidupan masyarakat, tidak hanya di Kelurahan Titi Rantai tetapi juga disleuruh kelurahann yang ada di Kota Medan. Dengan demikian kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan semakin meningkat.

“Kampanye kebersihan ini harus jadi momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan  kebersihan lingkungan, guna mewujudkan Kota Medan lebih bersih, nyaman dan tertata ke depannya,” ungkapnya.

Mantan Kadis Pendapatan Kota Medan itu menekankan, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan bersih dari sampah. Sebab, masalah kebersihan tidak bisa hanya mengandalkan kepada pemerintah semata.

“Dengan sinergitas dan kerjasama pemerintah dengan masyarakat, insya Allah keinginan kita untuk menjadikan Medan bersih sampah dapat terwujud,” ujarnya.

Selanjutnya Husni ingin apa yang dilakukan Kelurahan Titi rantai ini dapat menginspirasi sekaligus memotivasi kelurahan lainnya, membuat terobosan dalam rangka menciptakan kebersihan lingkungan. Apalagi penanganan masalah sampah telah dilimpahkan kepada pihak kecamatan beserta seluruh jajaran untuk menanganinya.

“Kampanye kebersihan yang dilaksanakan Kelurahan Titi Rantai ini membuktikan bahwasannya kelurahan ini paling aktif untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Saya harap kelurahan lain dapat mengikutinya dengan membuat kreasi maupun inovasi sehingga dapat mengedukasi masyarakatnya peduli dengan kebersihan,” harapnya.

Kampanye kebersihan ini  turut dihadiri Ketua DPRD Medan  Henry Jhon Hutagalung didampingi   Ilhamsyah dan Ratna Sitepu, Camat Medan Baru Ilyan Candra Simbolon,  Kabag Humas Ridho Nasution Lurah Titi Rantai Bona Manual Tarigan SE MSi,  Ade Sitepu selaku tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.




Sementara itu Lurah Titi Rantai Bona Manuel Tarigan SE MSi dalam laporannya menjelaskan, kampanye kebersihan yang dilakukan ini  untuk menindaklanjuti perintah Wali Kota guna meningkatkan kebersihan di Kota Medan. Tidak hanya kampaye kebersihan, Bona mengaku pihaknya juga  membentuk bank sampah dan mensosialisasikan ke sekolah-sekolah akan pentingnya kebersihan sehingga para pelajar mulai sejak dini hidup bersih.

Selain itu tambahnya lagi,  mereka terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Inti dari sosialisasi yang dilakukan, masyarakat diajak untuk memulai hidup bersih diawali dari rumah masing-masing. Setelah itu diikuti dengan pembentukan tim informasi dan saber sampah yang bertugas mengatasi permasalahan sampah di Kelurahan Titi Rantai.

“Apabila masyarakat menemukan tumpukan maupun serakan sampah, mereka bisa langsung menghubungi tim informasi. Setelah itu tim informasi ini selanjutnya meneruskan kepada tim saber sampah untuk mengangkut sekaligus membersihkan sampah hasil laporan warga tersebut. Untuk itu kita menyebarkan  sejumlah nomor handphone yang bisa dihubungi warga,” jelas Bona.

Selain nomor handphone, Bona mengatakan mereka juga membuat pojok pengaduan di kantor lurah  yang berfungsi untuk menerima pengaduan masyarakat terkait masalah sampah. Ditegaskannya, semuan laporan maupun pengaduan warga dipastikannya akan ditindaklanjuti tim saber sampah.

“Apa yang kami lakukan ini tidak dapat berjalan dengan baik jika tidak mendapat dukungan penuh seluruh warga.Untuk itulah kami pagi ini membuat kampanye kebersihan, tujuannya mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan di wilayah tempat tinggalnya masing-masing. Jika masyarakat mendukung, cita-cita kita menjadikan Kelurahan Titi Rantai bersih sampat dapat terwujud,” pungkasnya optimis.










Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: