Kolom Boen Syafi’i: KARENA BERANI JUJUR ITU HEBAT

0 0
Read Time:1 Minute, 27 Second

Dan, Kyai Yahya Staquf pun telah memulainya. Kyai yang dekat dengan Gus Dur sang Guru Bangsa rupanya sudah bosan dengan berbagai alasan klise, yakni semua teroris itu tidak beragama. Padahal, mulai dari Bom Borobudur, Bom Bali hingga perilaku biadab Ali Kalora Cs itu berasal dari agama itu-itu saja.

Diakui ataupun tidak, begitulah kenyataannya.

Ada lagi yang beralasan, ISIS itu produk Amerika. Bisa jadi memang demikian, tapi para bigot-bigot itu agamanya Islam juga. Mana ada saat bajingan ISIS penggal kepala orang, teriaknya Haleluya, Om Swastiastu, atau juga Rahayu atau Mejuah-juah Ndahi Simada Tinuangndu”.

Apakah saat Kyai Yahya Staquf berkata “jelas ada masalah di dalam Islam” lantas keliyen menuduh beliau menyudutkan agamanya? Kyai mana yang menyudutkan agamanya sendiri? Apalagi basik beliau adalah NU tulen.

Ya, Kyai Yahya, Gus Dur, Buya Syafii Maarif, Buya Syakur sudah berani jujur dengan dirinya sendiri.Dan kejujuran itu bukan berarti beliau memusuhi, melainkan sayang bahkan sangat sayang jika suatu saat, agama ini hilang namanya karena masalah di dalamnya.

Penyangkalan demi penyangkalan tidak akan pernah menyelesaikan masalah. Butuh kejujuran yang luar biasa hebat seperti beliau untuk mengurai benang yang super kusut di dalam nya.

Dunia akan terus berputar, teknologi semakin berkembang dengan pesatnya dan segala informasi yang super cepat.

Sudah tidak bisa lagi ditutup-tutupi. Maka pilihan rasionalnya adalah berubah atau hilang dari peredaran karena sudah tidak relevan dengan peradaban jaman.

Jika kalian sayang dengan agama anda, maka pilihan bijaknya adalah setuju dengan statement yang beliau lontarkan. Setiap manusia adalah makhluk yang sejatinya butuh bersosial. Peradaban mengkafir-kafirkan apalagi membunuh atas nama Tuhan dan agama, tidak cocok ada di Bumi Nusantara.

Tidak sia sia, di Indonesia ada NU yang sangat bijaksana. Salut kagem Panjenengan Kyai. Rahayu Sagung Dumadi.

Salam Jemblem..

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: