Skip to toolbar

Kolom Boen Syafi’i: IMLEK INI BERMULA DARI KEPUTUSAN BESARNYA

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

Kisah pembredelan kebebasan para etnis Tionghoa di negeri sempalan surga Indonesia dimulai dari Inpres no 14 tahun 1967 yang diterbitkan oleh Suharto kala itu. Inpres ini benar-benar sakti hingga membuat etnis Tionghoa bagaikan etnis terpinggirkan dan juga tidak dianggap keberadaannya. Padahal, di lain pihak, para bos-bos bermata sipit itu upetinya sangat dibutuhkan oleh Rezim Suharto beserta gerombolannya.

Pun juga ketika perhelatan olahraga event dunia.

Kebanyakan para atlit beretnis Tionghoalah yang bisa membuat lagu Indonesia Raya berkumandang ke seantero dunia. Namun, segala pengorbanan dan pasion dari etnis Tionghoa, di dalam mencintai bangsanya, ternyata dibalas oleh perlakuan diskriminatif dari rezim otoriter Orba.

Dan, 32 tahun berlalu. Munculah seseorang yang kuat jiwanya, meski lemah fisiknya. Seseorang yang, maaf tidak bisa melihat, namun mempunyai pengelihatan batin yang sangat tajam. Beliaulah yang mendobrak segala kemapanan selama ini, yang menegakkan kembali persamaan hak, toleransi dan juga pluralisme diantara Rakyat Indonesia.

Watch this video on YouTube.

Beliau sering dipanggil Gus Dur Sang Guru Bangsa. Atas segala jasa- jasanya, perayaan Imlek dan Agama Konghucu dilindungi oleh Undang-undang Negara. Etnis minoritas diakui keberadaanny, serta mendapatkan hak dan kewajiban yang sama di dalam negara.

Sungguh, sangat kurang ajar jika ada etnis minoritas yang justru mendukung gerombolan intoleran, serta seorang Capres yang pernah menghina fisik beliau. Imlek dan kebahagiaan yang kalian dapatkan, sesungguhnya bermula dari keputusan besarnya. Berbanggalah kalian pernah mempunyai Presiden yang sangat melindungi dan membela kalian dengan sepenuh jiwa dan raga.

Gus, terimakasih kami selalu untukmu.

“Kita GUSDURian Selamanya”.

Salam Jemblem..

Watch this video on YouTube.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: