Kolom Budianto Surbakti: BAGAI BURUNG ELANG

0 0
Read Time:1 Minute, 21 Second

“Bebek berjalan berbondong-bondong, akan tetapi burung Elang terbang sendirian.”

(Nasihat tentang Pemimpin, oleh Ir. Soekarno)

Saya percaya setiap orang dianugerahi Tuhan talenta hidup yang berbeda- beda. Di mana setiap kita harus mengutamakan menjadi manusia yang terbaik. Apapun talenta yang kita miliki. Dan semoga dapat melipatgandakan talenta kita lebih banyak dan berguna lagi. Namun, saya percaya dan melihat, ada “Pemimpin Karbitan” yang dipaksakan oleh orangtua, tim atau kelompoknya untuk menjadi pemimpin.

Padahal aura dan mentalnya saja tidak mampu menjadi pemimpin.

Biasanya orang-orang yang tidak mampu menjadi dirinya sendiri ini,akan gagal dan bisa frustasi dalam hidup apalagi dipaksa menjadi pemimpin. Selain karena bakat genetika, pendidikan, faktor lingkungan dan dorongan diri juga merupakan hal-hal penting untuk membentuk seorang pemimpin hebat, kata banyak buku tentang Kepemimpinan.

Namun, sejarah mencatat bahwa penderitaaan, kemiskinan, tekanan hidup dan kegagalan demi kegagalan yang terus menerus menerpa, namun tetap sanggup bangkit karena memiliki “spirit” diri yang luar biasa lah yang membentuk seorang menjadi “Pemimpin Hebat” dan menjadi Petarung kehidupan yang tangguh.

Seperti Burung Elang. Ia sanggup hidup di atas tekanan udara yang tinggi, fokus dalam hidup, punya karakter yang kuat dan mampu menempa diri dalam kesendirian untuk mengasah tajam paruhnya. Cekatan ketika menangkap mangsa walaupun dari kejauhan.

“Jika jatuh, berdiri lagi. Jika kalah, mencoba lagi. Jika gagal, bangkit lagi,” begitulah perjuangan hidup. Sampai Tuhan berkata: “Sudah waktunya untuk pulang.” Demikian nasihat bijaksana tentang Karakter Diri seorang Pejuang Sejati.

Aku tetap tidak percaya bila ada seorang pemimpin karbitan yang akan menjadi pemimpin hebat. Sementara ia hidup dan berjalan berbondong-bondong seperti bebek.

Renungan malam.

Salam Mejuah-Juah, Ora Et Labora

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: