Kolom Ganggas Yusmoro: TRAGEDI KEMANUSIAAN KAIN LAP INGUS ANIES

0 0
Read Time:1 Minute, 13 Second

Selamat Buat Pak Anis!! Hari ini, saya sebagai anak bangsa betul-betul miris ketika sebuah video yang beredar, bagaimana seorang Anies, seorang cendekiawan, seorang intelektual, yang kini terpilih menjadi gubernur di DKI, ibu kota negeri ini, telah menyentuh nilai-nilai kemanusiaan yang paling fundamental.

Bagaimana tidak, seorang Anies telah mempertontonkan peristiwa dimana hanya untuk mengelap muka dan ingus harus mempertaruhkan harkat dan martabat manusia lain meski itu ajudannya sendiri.




Kita semua seperti dibawa ke Dunia Antah Berantah. Atau kita semua seperti dibawa ke Zaman Kolonial, dimana jongos harus patuh dan taat pada perintah tuannya.

Bangsa ini sekali lagi harus melihat seorang pemimpin yang pongah dan jumawa menunjukkan dirinya merasa berkasta lebih tinggi. Sungguh, nilai kepatutan dari etika dan estetika telah menodai budaya negeri ini yang adiluhung, yang bermoral, yang memanusiakan manusia.

Seorang Anies, membuat bangsa ini terhenyak. Membuat kita semua harus ngurut dada. Barangkali banyak diantara penonton video itu yang mengumpat marah. Marah dengan perilaku yang jauh dari manusia beradab dan bermoral.

“Jika saja kain lap ingus tidak dikembalikan pada jongosnya, tentu masih bisa ditolerir. Lha, ini? Si jongos musti menerima kembali kain kotor dan menjijikkan!!” itu teriak temen ketika melihat video itu.

Adegan yang telah ditunjukkan seorang Anies, telah melukai dan melecehkan bangsa. Telah menghancurluluhkan Kehormatan kemanusiaan. Itu adalah tragedi kemanusiaan yang luarbiasa.

Sangat memalukan, Pak Anies!!








Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: