Skip to toolbar

KPU KARO ADAKAN SIMULASI TUNGSURA (Ditemukan Beberapa Ketimpangan)

0 0
Read Time:1 Minute, 51 Second

B. Kurni P.P.B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo adakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 (Tungsura) di halaman Kantor DPRD Karo, Kabanjahe [Selasa 19/3]. Kegiatan ini diikuti oleh 350 peserta. Dibuka oleh Ketua KPU Karo (Gemar Tarigan) dengan didampingi para komisioner lainnya (Lotmin Ginting, Rikardo Sitepu, Dewi A Ginting dan Anwar Megga Tarigan).

Gemar Tarigan dalam sambutannya menyatakan, pelaksanaan sosialisasi ini untuk memberi pengetahuan secara tehnis bagi petugas penyelenggara tentang cara dan waktu yang dibutuhkan oleh Tim KPPS dalam melaksanakan tugas di hari “H” [Rabu 17/4] di tempat masing-masing.

“Sosialisasi juga memberikan kesempatan kepada para anggota petugas KPPS melihat secara bersama kendala-kendala yang akan dihadapi selama pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara,” ujar Gemar.

Menurut Lotmin Ginting, KPU Karo siap menyukseskan Pemilu 2019 serentak di Kabupaten Karo dengan kesiapan komisioner dan staf KPU Karo secara bergandeng tangan dan saling menopang. Tahapan demi tahapan terus dilakukan dan dihadapi dengan penuh tanggung jawab.

Beberapa Kegiatan Hari Ini dan Besok

Beberapa kegiatan yang akan berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan adalah, antara lain: Rapat Pleno tentang Penetapan DPT tambahan hari ini [Rabu 20/3]) di Berastagi, Pelaksanaan Bimbingan Tehnis bagi PPK dan Panwaslu se Kabupaten Karo [21/3 – Jumat/3] di Berastagi, pelipatan surat suara DPD RI dan Capres di gudang KPU Karo, dan sampai pelaksanaan hari “H” serta sidang pleno penghitungan suara DPRD Karo, DPRD Provsu, DPR-RI dan DPD-RI serta Capres RI.

pemilu 2

Sosialisasi Tungsura ini mendapat sambutan hangat peserta yang memadati tenda pelaksanaan, ditambah lagi dengan pembagian baju kaus ditambah snack, makan dan uang saku. Turut hadir dari aktivis Pembangunan Tanah Karo seutuhnya, Komunitas Kompak Pers Karo, Yayasan Sumber Terang Kasih Kabanjahe, insan media. Masing-masing pihak terbeban pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan Langsung, Umum, Bebas, Rahasia dan Jurdil menjadi pelaksana terbaik di seluruh Indonesia sebagai daerah yang dikenal kuat dan kental ikatan kekerabatan kekeluargaan berdasarkan Budaya Karo.

Beberapa Ketimpangan

Dalam simulasi tersebut, ada beberapa temuan yang didapat oleh peserta dan peninjau. Diantaranya, ada surat suara yang nyasar masuk ke kotak lain.

“Panitia pelaksana kurang antusias dalam melaksanakan tugas masing-masing, termasuk tidak ada pengadaan tissue di meja tinta,” kata anggota DPRD Karo, M Rapi Ginting, kepada Wartawan di sela-sela peninjauannya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: