Skip to toolbar

KPU Karo Gandeng Media Sosialisasikan Tahapan Pemilu

0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

B. KURNIA P.P. KABANJAHE — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo gandeng insan pers atau media dalam sosialisasikan Tahapan Pemilu tahun 2019, khususnya di Kabupaten Karo (meliputi 17 kecamatan dan 269 kelurahan/ desa), demi berlangsungnya Pemilu Jujur, Adil, Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia. Apalagi Kabupaten Karo dikenal daerah yang kental dengan ketaatan spiritual keagamaan dan tali kekeluargaan dalam adat istiadat Suku Karo.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPUD Karo (Gemar Tarigan) didampingi para anggota lainnya (Rikardo Sitepu, Lotmin Ginting, Anwar Mega Tarigan dan Dewi Afriani Ginting) dalam acara Temu Pers di Aula Kantor KPUD Karo, Kabanjahe [Rabu 7/2].

Menurut Gemar, pihaknya memperkenalkan diri sebagai komisioner baru yang terpilih dalam seleksi Periode 2018-2023. Dia menyatakan siap melaksanakan tugas dengan berdedikasi tinggi untuk mengawal pelaksanaan Pemilu serentak di Kabupaten Karo sesuai Peraturan dan Undang-undang yang berlaku sehingga terpilih anggota legislatif sebagai wakil rakyat yang murni dan konsekwen.

Menurut Gemar lagi, sukses tidaknya pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Karo sangat tergantung pada kerja sama kita sekalian stake holder atau elemen masyarakat Karo, khususnya elemen media massa sebagai pihak yang sangat diharapkan ikut serta mensosialisasikan setiap tahapan-yang sedang berjalan sampai hari “H” 17 April 2019.

“Harapan kami, rekan media dapat memberikan dukungan sebagai perpanjangan tangan untuk mensosialisasikan setiap tahapan atau kegiatan yang sedang dilaksanakan di tingkat KPUD, tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Tingkat Panitia Pemilihan Suara (PPS) serta ujung tombak petugas KPPS sebagai pelaksana di TPS. Ini untuk mengantisipasi berita Hoax (tidak benar) dan berita yang kami sampaikan dapat diterima warga; khususnya para pemilih secara bulat tidak mengandung tafsiran negatif,” ujar Gemar diamini para komisioner lain.

Rikardo Sitepu pada kesempatan ini mengatakan, pihaknya mengharapkan agar warga Kabupaten Karo yang sudah berusia 17 tahun atau sudah menikah agar memastikan dirinya telah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah disampaikan ke pihak PPS desa masing-masing untuk dipampangkan di tempat yang terbuka dan strategis.

“Pastikan anda sudah terdaftar dengan meng-upload di Ponsel Android anda dan pihak KPUD masih membuka kesempatan bagi yang belum terjaring untuk dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Ini akan dibantu oleh para petugas PPS, PPK dan Relawan Demokrasi yang telah direkrut KPUD Karo sebanyak 55 orang bekerja selama 3 bulan,” kata Rikardo.

Ditambahi oleh Dewi, untuk mensosialisasikan Pemilu serentak 2019, pihaknya mengadakan pendekatan dengan para pemilih pemula dengan berbagai kegiatan semisal program sosialisasi Goes to Campus atau Goes to School. Akan diadakan pula Pentas Seni, yakni Lomba Kreasi Pentas Seni Pemilih Pemula, berupa Lomba Musik Kreatif mencakup Group band, Akuistik Modern, Tradisional, Campuran dan Lomba Vocal Solo dengan total hadiah Rp 10 juta.

“Ini dilaksanakan pada tanggal 22 Pebruari di halaman KPUD Karo, kabanjahe,” tutur Dewi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: