MAU PESAN IKAN ASAP (NURUNG KERAH)?


Nurung Kerah
Elida Ketaren sedang membuat nurung kerah.

Mengolah makanan dengan cara mengasap dikenal di mana-mana di seluruh dunia. Sampai sekarang kita bisa menemukan daging asap (dendeng) maupun ikan asap (sale) di kalangan orang Eropah, Amerika, Australia, Asia, dan Afrika. Sudah berabad-abad lamanya manusia mengenal teknik pengasapan makanan ini.

Nurung Kerah 2Awalnya, pengasapan daging dan ikan dimaksudkan agar bisa bertahan lama tidak membusuk seperti halnya teknik penggaraman atau pengeringan ikan laut sehingga menjadi ikan asin. Tapi, sekarang ini, orang-orang juga mengkonsumsi daging atau ikan asap sebagai sesuatu yang lezat. Meskipun terasa sekali aroma asapnya, justru aroma asap itulah yang membuat banyak orang menyukainya, apalagi bila dimasak dengan cara tertentu sesuai dengan rasa dan aroma asapnya.

Nurung Kerah 3Demikianlah orang-orang dari Suku Karo mengenai ikan asap yang disebut nurung kerah (harafiahnya, ikan kering) awalnya untukbisa disimpan lama ketika melakukan kegiatan erbarung atau disebut juga juma medem. Erbarung atau juma medem biasanya dilakukan di sebuah perladangan dekat hutan sehingga jauh dari kampung induk (rumah kuta) ataupun tempat pasar (tiga). Kesempatan berbelanja mungkin hanya seminggi sekali. Untuk itu, ikan asin dan nurung kerah adalah jenis lauk yang sagat ideal untuk kegiatan erbarung atau juma medem.

Nurung Kerah 5
Gulai ikan asap yang dicampur dengan labu kuning (jambe)

Walaupun prinsipnya semua ikan bisa diolah dengan cara pengasapan, orang-orang Karo kesukaannya adalah jenis lele (cibakut) untuk dijadikan nurung kerah. Dulu terkenal nurung kerah dari Paya Lahlah (Lau Baleng). Namun sekarang ini, nurung kerah sudah menjadi salah satu jenis masakan favorit sebagian orang sehingga beberapa rumah makan khas Karo i Kota Medan menyediakan gulai nurung kerah.

 

Mengingat banyaknya peminat nurung kerah baik di kalangan Suku Karo maupun non Karo, sebuah kolam ikan di Pancur Batu memproduksi nurung kerah ini. Selain menjadi salah satu jenis masakan andalan rumah makannya sendiri di dekat kolamnya, Elida Ketaren juga menjualnya ke para peminat.

“Peminat boleh datang ke tempat kita untuk membelinya, tapi boleh juga memesannya dan kita mengirimnya secara paket asal dibayar ongkos kirimnya,” kata Elida.

nurung kerah 6
Wisatawan dari Eropah menikmati gulai ikan asap (nurung kerah gule)

Lokasi kolam ikan, rumah makan dan tempat memproduksi ikan asap ini tidak jauh dari Pekan Pancur Batu ke arah Berastagi. Setelah mendapatkan kompleks perkantoran dan sekolah, ada Pekuburan Cina sebelah kiri bila kita melintas di Jl. Jamin Ginting dari Pancur Batu menuju Berastagi. Di seberang jalan dari Pekuburan Cina ini ada simpang ke kanan menuju Pantai Gotong Royong (pantai pemandian sungai Lau Belawan). Di sanalah lokasi pembuatan ikan asap ini.

Harga per kilogram belum ongkos kirim: Rp. 70.000,-.

Untuk lebih jelasnya, hubungi pengusahanya (Elida Ketaren) langsung ke nomor HP 0812 6379 5639.

Informasi tambahan:

1. Ikan Asap Elko Jaya Pancurbatu (klik)





Informasi tambahan:

1. Ikan Asap Elko Jaya Pancurbatu (klik)