Kolom Andi Safiah: PAKSAAN, AGAMA, DAN ALLAH

0 0
Read Time:51 Second

Di mana-mana “pemaksaan” tidak akan pernah melahirkan kesadaran, Pak Kiai. Anak-anak generasi itu tidak pantas dipaksa. Yang perlu dilakukan oleh negara adalah menjaga agar mereka bisa bertumbuh dan bermain dengan bebas tanpa ada sekat-sekat keagamaan yang justru paling sering melahirkan sikap mental Intoleran sekaligus tolol-beneran.

Jadi, Pak Kiai, kalau sejak kecil sudah dipaksa itu kesialan Pak Kiai sendiri.

Janganlah kesialan itu diwariskan pada generasi selanjutnya, karena mereka sudah hidup dalam realitas obyektif yang berbeda dengan Pak Kiai. Lagi pula, yang suka kasih perintah itu adalah manusia yang berkepentingan dengan agama. Bukan agama itu sendiri.

Saya kira Pak Kiai juga akan terbiasa dengan perubahan yang terjadi dalam peradaban manusia, dimana tidak ada lagi pemaksaan. Karena, yang ada adalah kesadaran manusia itu sendiri yang terus bertumbuh sesuai dengan bertumbuhnya zaman.

Oh, iya, cuman mengingatkan Pak Kiai bahwa tidak ada paksaan dalam agama Allah. Jadi, Pak Kiai, berhentilah main paksa atas nama Agama karena Allah sendiri ngga pernah maksa manusia untuk beragama.

#ItuSaja

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: