Advertisements
Skip to toolbar

Panduan Liburan ke Sydney dari Warga Lokal

Read Time:5 Minute, 7 Second

EBONY SMITH. SYDNEY (Australia) — Jika Anda belum pernah mengunjungi Sydney, kini Anda bisa memasukkan “permata Australia” ini ke dalam daftar liburan. Sebagai salah satu tujuan wisata impian, Sydney memiliki Sydney Opera House dengan layar megah, Sydney Harbour yang gemerlap, dan sejumlah pantai terkenal di dunia.

Selain ikon-ikon wisata tersebut, Anda bisa menjelajahi kawasan urban Sydney seperti Chippendale, Surry Hills dan Newtown.

Anda juga dapat menemukan retro bar, toko kue unik, dan hotel-hotel trendi di luar pusat kota. Mari menelusuri Sydney seperti wisatawan dengan beberapa tips dari warga lokal. 

Sydney Harbour

Anda bisa mengawali liburan di Sydney dengan berkunjung ke beberapa bangunan ikonis, termasuk Sydney Harbour yang ternama.

Setelah tiba di Circular Quay, Anda dapat menikmati lengkungan layar putih pada Sydney Opera House, dan kemegahan Sydney Harbour Bridge yang dijuluki “The Coathanger”, lengkap dengan kapal-kapal feri yang berlalu-lalang di pelabuhan gemerlap.

  • Kegiatan memanjat Sydney Harbour Bridge termasuk momen liburan yang tak terlupakan. Tim BridgeClimb akan menjaga keselamatan Anda ketika berada di puncak jembatan ikonis ini dan menikmati pemandangan 360 derajat di Sydney.
  • Keindahan Sydney Harbour dilengkapi restoran fine dining ternama, Quay, dengan jendela-jendela besar (floor-to-ceiling) yang membingkai Sydney Opera House. Juru Masak Peter Gilmore memasak hidangan inovatif dari beragam bahan langka untuk dinikmati di tepi laut.
  • Di seberang Quay ada Sydney Opera House yang terletak di Bennelong Point. Anda bisa pergi ke pinggir bangunan ini untuk mengagumi layar besar yang dihiasi ubin. Anda juga dapat mengikuti tur di dalam gedung sehingga bisa sepenuhnya mengagumi mahakarya yang terdaftar sebagai warisan dunia tersebut.
  • Perjalanan Anda bisa dilanjutkan ke alun-alun, lalu singgah di Royal Botanic Garden untuk melihat berbagai tumbuhan asli Australia, serta bersandar di tempat bersejarah, yakni Mrs Macquarie’s Chair, bangku dari batu pasir yang dipahat sejumlah narapidana pada 1810. Di sini, Anda dapat menikmati keelokan pelabuhan tersebut.

Chippendale

Dari Circular Quay, Chippendale bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 30 menit, atau menaiki kereta api ringan (light rail) yang melintasi George Street ke arah Central Station. Sebagai kawasan perhotelan, restoran, galeri, dan tempat berbelanja, Chippendale tampil sebagai kawasan budaya yang kreatif dan trendi.

  • Anda bisa berkunjung ke The Old ClareHotel–hotel kecil di pusat kota ini terdaftar sebagai cagar budaya, serta memiliki desain interior bergaya refined industrial dan rooftop poolside bar.
  • Anda dapat berjalan-jalan ke Spice Alley, kawasan restoran yang menawarkan jajanan pasar. Di sini, Anda bisa bersantap di area jalanan terbuka ala kaki lima.
  • Di dekatnya ialah White Rabbit Gallery, salah satu tempat dengan koleksi karya seni kontemporer ala Tiongkok yang terpenting di dunia. Setelah melihat-lihat koleksi karya seni, Anda bisa mencicipi pangsit rumahan, serta berbagai jenis teh bergaya Tiongkok dan Taiwan di White Rabbit Teahouse.
  • Saat menyusuri jalanan kecil yang rimbun di Chippendale, Anda dapat menemui Brickfields, toko kue dan kafe unik yang menyajikan kue-kue terlezat di Sydney.

Surry Hills

Surry Hills menawarkan hidangan modern, glamor, dan berjenis gourmet. Anda bisa menelusuri jalanan asri untuk berkunjung ke butik-butik antik dan kontemporer, bar koktail yang unik, serta menikmati pengalaman kuliner yang berkesan.

  • Anda dapat menginap di Paramount House Hotel, hotel kecil dengan desain menawan yang dibangun di bekas gedung Paramount Studios. Hotel ini memiliki kafe trendi, Golden Age Cinema dengan gaya Hollywood tempo dulu, serta klub olahraga di atap bangunan.
  • Untuk pengalaman bermalam yang nyaman, Anda juga bisa menginap di Little Albion, bekas biara yang diubah menjadi hotel trendi dengan koleksi seni yang berwarna-warni.
  • Restoran ala Thailand Chin Chin digemari warga lokal, dan menawarkan cita rasa istimewa, hidangan kari yang lezat, serta koktail kreatif.
  • Firedoor ialah restoran sensasional lain di Sydney. Di restoran ini, Juru Masak Lennox Hastie memasak semua makanan dengan kayu api. Setiap hari, menu yang terdiri atas lima hidangan berganti-ganti, serta menyuguhkan daging, makanan laut, dan sayur-sayuran tersegar dari produsen lokal.
  • Di area permukiman, para pengunjung menemui banyak karya seni dan mural jalanan buatan seniman lokal. Salah satu karya terbaru yang patut dilihat ialah potret pemain sepak bola pribumi, Adam Goodes. Terpasang di seluruh sisi gedung berlantai dua di tengah Surry Hills, karya tersebut sangat digemari warga lokal, pencinta karya seni jalanan, dan penggemar bekas tim Goodes yang menjadi bagian dari Australian Football League, Sydney Swans.

Newtown

Dari kota, Anda bisa menuju Newtown dengan kereta. Newtown ialah kota pendidikan di pinggiran Sydney yang dinamis, serta dilengkapi gerai belanja barang-barang antik, restoran global, bar, dan tempat pertunjukan musik.

  • Anda bisa bermalam di The Collectionist Hotel yang terletak di Camperdown, berdekatan dengan Newtown. Hotel ini menjadi oase di tengah kota yang memiliki desain interior yang berbeda-beda di setiap kamar. Dengan demikian, para tamu bisa melihat-lihat dan memilih tema kamar yang digemarinya sebelum menginap.
  • Di Continental Deli Bar and Bistro, Anda bisa mencicipi Mart-tinnie (sejenis martini yang dikemas dalam botol kaleng), serta beragam hidangan dalam kemasan kaleng di bar dan bistro ala Eropa tersebut.
  • Bella Brutta menjadi restoran pizza yang digemari warga Newtown. Anda dapat mencicipi pizza kreatif yang dibuat di oven hangat.
  • Untuk menikmati minuman di larut malam, Anda bisa menuju Earl’s Juke Joint–tempat yang menyajikan koktail modern, serta memiliki fasad bangunan seperti gerai penjual daging tempo dulu dan nuansa New Orleans pada interiornya.
  • Culture Scouts akan mengajak Anda untuk menjalani tur yang dikurasi dan menyusuri kawasan budaya. Anda bisa berkunjung ke area yang dipenuhi kuliner, seni jalanan dan sejarah, serta dipandu para seniman dan desainer lokal.

DNSW Teambox https://content.destinationnsw.com.au/lightbox/list.me?share=33b8aa4f7e00a3d98a1f893e57ae8f14

Anda dapat membagikan momen-momen liburan favorit Anda di Sydney dan NSW pada media sosial dengan tagar #LoveNSW atau #NewSouthWales.

Silahkan mengunjung akun-akun media sosial NSW Social Media|Twitter Sydney #ilovesydney #LoveNSW @sydney_siderTwitter NSW #LoveNSW #NewSouthWales @NewSouthWalesInstagram Sydney #ilovesydney #LoveNSW @sydneyInstagram NSW #LoveNSW #NewSouthWales @VisitNSWFacebook Sydney facebook.com/seesydney #ilovesydney #LoveNSW
Facebook NSW facebook.com/visitnsw #LoveNSW #NewSouthWales

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: