PANEN KEMIRI SEGERA TIBA DI KARO HILIR

0 0
Read Time:59 Second

SERIULINA KAROSEKALI. SIBOLANGIT (Karo Hilir, Sumut) — Saat sekarang ini belum musimnya jatuh (panen) buah kemiri di sekitar Kecamatan Sibolangit (Kabupaten Deliserdang). Harga di tingkat petani Rp. 7 ribu/ kg. Para petani kemiri berharap harga akan terus naik walaupun tertatih-tatih.

Harapan ini terkait dengan akan tibanyak musim jatuh buah kemiri.

Diperkirakan pada akhir Bulan Januari 2022 hingga sepanjang Bulan Pebruari 2022 harga semakin tinggi. Para petani kemiri berharap harga kemiri di tingkat petani paling Rp. 8 – 9 ribuan/ kg.

“Kalau bisa lebih tinggi yah tentu lebih baik lagi. Tapi, paling tidak hendaknya seharga Rp. 8 – 9 ribuan/ kg,” kata seorang petani kemiri di Laja (Kecamatan Sibolangit).

Kemiri adalah salah satu komoditi utama dari daerah sekitar Laja ini, di samping berbagai jenis tanaman buah-buahan seperti duku, durian, manggis, dan jengkol.

Saat tiba musim panen kemiri, paling sedikit keluar 4 – 5 ton/ minggu buah kemiri dari Dusun Laja saja. Perhitungan beratnya ini berlaku untuk kemiri batu, yang kulitnya lembutnya sudah dilepas tapi kulit kerasnya belum dipecah.

Mudah-mudahan harga di bulan musim panen kemiri tidak kurang dari Rp. 8 ribu/kg.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: