Pengibaran Bendera Merah Putih di Medan

0 0
Read Time:2 Minute, 7 Second

JEBTA B. SITEPU. MEDAN. Upacara pengibaran Sang Saka Merah Putih yang digelar dalam rangka memperingat Hari Kemerdekaan ke72 Republik Indonesia tahun 2017 di Lapangan  Benteng,  Medan, berlangsung penuh khidmat kemarin [Kamis 17/8: Pagi].  Wali Kota Medan (Drs H T Dzulmi Eldin S MSi) bertindak sebagai Inspektur Upacara,  sementara itu  Camat Medan Denai, Hendra Asmilan menjadi Komandan Upacara.

Selain Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan, upacara pengibaran bendera yang berlangsung mulai pukul 08.00 WIB itu juga turut dihadiri Sekda Kota Medan, Ir H Syaiful Bahri Lubis,  Ketua DPRD Medan, Henry Jhon Hutagalung, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, asisten, pimpinan SKPD,  camat, kepala lingkungan, pelajar serta para undangan.




Prosesi pengibaran bendera diawali dengan laporan komandan upacara  kepada inspektur upacara. Diteruskan dengan pembacaan doa dan pengibaran bendera oleh 42  anggota Paskibra Kota Medan yang berasal dari sejumlah SLTA di Kota Medan. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara dan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Medan. Upacara ditutup dengan mars Andika Bhayangkari.

Wali Kota  yang hadir bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj Rita Maharasi Dzulmi Eldin berharap, melalui peringatan Hari Kemerdekaan ini, seluruh masyarakat dapat menjiwai dan meneladani  pergorbanan yang telah dilakukan para pejuang . Sebab, mereka berjuang dan mengorbankan jiwa untuk merebut kemerdekaan.  Oleh karenanya kemerdekaan yang telah dihasilkan para pejuang itu harus diisi dengan pembangunan.

“Untuk itu saya mengajak kepada seluruh warga Kota Medan agar dapat menjiwai perjuangan dan pengorbanan  yang telah dilakukan para pejuang terdahulu kita.   Tugas kita sekarang adalah bagaimana berjuang untuk mengisi kemerdekaan yang telah mereka persembahkan kepada kita, termasuk menjadikan bangsa ini yang adil dan makmur sesuai dengan cita-cita luhur para pejuang,” kata Wali Kota.

Dengan perjuangan bersama yang dilakukan di era kemerdekaan ini, Wali Kota pun berharap dapat mensejahterakan masyarakat dan ekonomi kerakyatan pun dapat bangkit kembali. Atas dasar itulah mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan ini, mengajak seluruh warga Kota Medan agar bisa menjiwai hasil perjuangan para pahlawan tersebut.

“Jadi melalui momentum Hari Kemerdekaan ini, marilah kita bersama-sama mengisi kemerdekaan ini, terutama dalam upaya memajukan Kota Medan yang kita cintai ini sehingga menjadi lebih baik lagi ke depannya,” pesan Wali Kota.

Usai memimpin upacara pengibaran bendera, Wali Kota bersama Sekda beserta unsur FKPD dan pimpinan SKPD selanjutnya mengikuti peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan pengibaran Sang Saka Merah Putih di Lapangan Merdeka Medan













Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: