Peringatan Dini Bahaya Gunungapi Sinabung Saat Ini

0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

EMMY F. PURBA. KABANJAHE. PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung mengeluarkan peringatan dini atau rekomendasi mengenai bahaya yang dapat terjadi terkait dengan fenomena gunung ini saat ini serta bagaimana cara menghindarinya.

Peringatan pertama yang disampaikan adalah pengulangan dari peringatan yang sudah sering mereka ulang-ulangi yang agar menghindari Zona Bahaya. Peringatan lainnya adalah terkait munculnya danau baru akibat aliran sungai Lau Borus yang terbendung.




“Masyarakat dan pengunjung/ wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara-Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara-Timur G. Sinabung. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunungapi Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,” tutur Deri Al Hidayat AMd, petugas PVMBG Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung kemarin [Minggu 23/4].

Adapun mengenai terbentuknya bendungan Sungai Lau Borus yang menjadi danau, Deri Al Hidayat mengatakan agar penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Lau Borus tetap menjaga kewaspadaan.

“Bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/ banjir bandang ke hilir,” tegas Deri.

Deri juga mengingatkan agar BPBD Kabupaten Tanah Karo segera melalukan sosialisasi ancaman bencana lahar/ banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Lau Borus.









Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: