Skip to toolbar

Kolom Sri Nanti: PESAN MORAL DALAM LAGU

0 0
Read Time:51 Second

Dongeng dan lagu untuk anak-anak sebenarnya selalu membawa pesan moral yang baik. Misalnya lagu Balonku ada 5. Bukan hanya soal menghafal warna, pengenalan bilangan dan matematika dasar, tapi juga soal keikhlasan dan rasa syukur.

Mengajarkan kepada anak-anak untuk ikhlas merelakan yang telah meletus (hilang) dan memegang erat-erat (menjaga sebaik-baiknya) yang masih tersisa.

Mengatakan bahwa lagu tersebut bertujuan untuk menyesatkan anak-anak adalah tindakan kurang bijak karena sama saja dengan menuduh penciptanya punya niat jahat.

Dalam dunia pendidikan ada yang disebut strategi pembelajaran. Menyelipkan pelajaran dan pesan moral dalam sebuah lagu adalah salah satu strateginya. Tugas guru dan orangtua untuk menguraikan tujuan pembelajaran dan pesan moralnya kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Pendidikan yang menakutkan hanya akan melahirkan zombie-zombie peradaban.

Semoga keluarga Pak Kasur, Pak AT Mahmud dan para pencipta lagu anak-anak yang telah mendedikasikan seluruh hidupnya untuk pendidikan anak-anak usia Taman Kanak-kanak bisa menerima permintaan maaf tersebut.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: