Kolom Boen Syafi’i: PIRTINYIIN YING BIKIN MIMIT — Pilih Kitab Suci Atau Pancasila?

0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

Tentu ini adalah pilihan yang super sulit bagi mereka yang fanatik, hyper fanatik, lebih-lebih yang mendem agama saat di test wawasan kebangsaan mereka. Jika memilih kitab suci, takut testnya gak lulus. Tapi, jika memilih Pancasila, eh takutnya tossa. Asal diketahui, pertanyaan semacam ini adalah pertanyaan yang sering digunakan oleh gerombolan teroris untuk mencuci otak para kader yang akan dipersiapkan sebagai “pengantin” bom bunuh diri.

Pertanyaan cukup simple, tapi cukup membuat “ngelu ndase” alias mumet para pemabuk dogma, yakni:

Pilih mana, Presiden RI atau Nabi Muhammad? Pilih mana, negara Bhinneka Tunggal Ika atau negara Islam? Pilih mana, Pancasila atau Al Qur’an? Modyar pora kowe?

Yang mabuk dogma tentu bakal memilih kalimat terakhir pada pertanyaan tersebut. Padahal jawaban dari pertanyaan “pilih mana, Pancasila atau kitab suci” itu sangat mudah sekali. Koentjinya adalah melihat sistem apa yang sedang dipakai oleh negara yang bersangkutan.

Jika sistem demokrasi Pancasila yang dianut, maka siapa saja (baik yang fanatik maupun yang menyembah wit-witan), wajib memilih Pancasila. Titik gak pake Tomy apalagi Soeharto.

Jika negaranya berbentuk negara agama maupun semi agama, seperti Afganistan, Pakistan, Arab Saudi, dan beberapa negara di Afrika, maka yang atheis sekalipun wajib memilih kitab suci, jika tidak ingin dipenggal tititnya eh kefalanya.

Kenapa harus demikian? Karena loyalitas seribu persen untuk negaranya, wajib diberikan oleh mereka yang mengabdi di dalamnya. Melebihi apapun termasuk agama yang dianutnya.

Nah, berhubung negara kita mengadopsi ideologis Pancasila, dan jika ada pertanyaan “Pilih Mana Pancasila Atau Kitab Suci?” maka jika ngantum pengen netral karena takut tossa, maka pilih saja yang “Atau”.

Simpel toh?

Kalau saya jelas milih Pancasila. Tapi repotnya, Pancasilanya gak pernah babar blas milih saiya. Woalah, nasib …. nasib..

Salam Jemblem..

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

One thought on “Kolom Boen Syafi’i: PIRTINYIIN YING BIKIN MIMIT — Pilih Kitab Suci Atau Pancasila?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: