Skip to toolbar

Kolom Edi Sembiring: RATUSAN PETANI KARO HILIR TIBA DI SERANG — Disambut Hangat Walikota Serang

0 0
Read Time:2 Minute, 5 Second

Ratusan petani dari Desa Simalingkar A dan Desa Sei Mencirim, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, telah tiba di Kota Serang (Banten) kemarin [Selasa 4/8]. Para petani bermalam di Kantor PW NU Serang. Telah 39 hari para petani melakukan aksinya.

170 petani yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) dan Serikat Tani Mencirim Bersatu (STMB) (Deli Serdang alias Karo Hilir) telah melakukan aksi jalan kaki dari Medan sejak tanggal 25 Juni 2020 menuju Jakarta.

Para petani bertekad bulat melakukan aksi jalan kaki 1.812 kilometer dari Medan menuju Istana Negara di Jakarta, untuk mencari keadilan kepada Presiden Joko Widodo. Karena selama bertahun-tahun, konflik agraria dengan PTPN II tidak dapat diselesaikan oleh Pemkab. Deli Serdang dan Pemprov. Sumatera Utara.

Di Kota Serang, para petani disambut hangat oleh Walikota Serang (Syafrudin). Walikota berharap perjuangan para petani Simalingkar dan Mencirim dalam mencari keadilan dapat tercapai.

“Semoga tujuan yang mereka lakukan demi mencari keadilan di tanah yang mereka kelola dan tempati selama bertahun-tahun dapat tercapai,” ucap Syafrudin, usai menemui perwakilan para petani tersebut di Kantor PW NU Banten, Kecamatan Penancangan, Kota Serang [Selasa 4/8: Malam].

Dilansir dari Kantor Berita RMOLBanten, Syafrudin tak lupa mendoakan perjalanan para petani menuju Istana Negara tidak mengalami kendala. Sehingga permasalahan yang mereka hadapi saat ini dapat menemui jalan keluarnya.

“Mudah-mudahan ketika ketemu Pak Presiden bisa berhasil dan sukses apa yang mereka inginkan, sampai Jakarta dalam keadaan sehat,” harapnya.

Sejak tiba di Pelabuhan Merak, kedatangan para petani disambut oleh gerakan tani, yakni Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA), Pergerakan Petani Banten (P2B), bersama-sama dengan gerakan buruh dan mahasiswa di Banten, di antaranya Konfederasi KASBI, PMII Cilegon, PMII Serang, Serikat Mahasiswa Sosialis Demokratik dan Aliansi Mahasiswa Cilegon.

Tadi Pagi [Rabu 5/8], rombongan petani melanjutkan perjalanan dari Kota Serang menuju Kota Tangerang untuk menuju Jakarta. Para petani Banten bersama aktivis buruh dan mahasiswa se-Banten turut serta mengawal menuju Jakarta.

Video selengkapnya di bahagian ke-25 :
https://youtu.be/Yd8b6uIZgKg

Ini merupakan wujud dukungan dan solidaritas dari gerakan tani, buruh, dan mahasiswa Banten kepada petani Simalingkar dan Mencirim (Karo Hilir) yang sedang memperjuangkan hak atas tanah mereka.

Ketua Pergerakan Petani Banten (P2B) (Abay Haetami) mengatakan: “Kita dari Pergerakan Petani Banten (P2B) memahami betul apa yang dirasakan oleh kawan-kawan, di mana tanah yang menjadi satu-satunya alat produksi petani dirampas oleh negara, yang seharusnya justru melindungi kaum tani,” ujar Abay.

#petanisimalingkar
#petanimencirim
#SelesaikanKonflikAgraria

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: