Skip to toolbar

Kolom W. Wisnu Aji: STADION PANCASILA DIBANGUN? — Harapan Bodemania dan Bergeraknya Ekonomi Kreatif

0 0
Read Time:2 Minute, 57 Second

Jawaban atas tulisan Anton Sudibyo

“Kapan, kapan mbangune? Kapan mbangune stadione?” Begitulah yang terngiang dinyanyikan BODEMANIA (Bocah Demak Mania) di tribun penonton saat pertandingan disaksikan langsung bupati Natsir dalam laga antara PSD vs PS Boyolali Tahun 2018. Antusiasme warga Demak menyaksikan pertandingan tersebut hingga meluber di bawah.

Mungkin itulah sedikit curhatan Wong Demak yang ingin sepakbola Demak kian maju dan potensi bakat Orang Demak kian terasah lewat semangat stadion baru dan sport center.

Seperti yang diulas dalam tulisan mas Anton Sudibyo. Memang benar bahwa masterplan pembangunan neo Stadion Pancasila dan sport centernya sudah ada sejak jaman Tafta Zani lewat rancangan RTRW Demak yang disusun saat itu.

Dengan rancangan itu sebenarnya ada harapan Stadion Pancasila bisa direalisasikan. Karena rancangan sudah ada dan penetapan lokasi sudah ada.

Lalu, apa harapan Warga Demak?

Bagi para pecinta olahraga dan para anak muda yang tergabung dalam BODEMANIA, sepakbola adalah olahraga kegemaran Wong Demak segala usia. Terbukti, setiap even laga PSD (Persatuan Sepakbola Demak) selalu dipadati penonton hingga yang di tribun sampai meluber.

Semangat Wong Demak yang ingin olahraga Demak maju harus dimulai dari sepakbola yang sangat diminati segala usia dan segala strata sosial.

Maka, ketika ada rencana pembangunan Stadion Pancasila dan sport centernya disambut begitu antusias oleh seluruh rakyat terutama para pecinta bola Demak.

Tak hanya itu. Rencana pembangunan Stadion Pancasila bisa jadi pemantik industri kreatif. Dengan potensi pengembangannya, ekonomi kreatif ikut mendorong bangkitnya ekonomi Demak yang sekarang dirundung kegalauan efek salah urus kebijakan.

Purna dibangunnya stadion tersebut akan banyak even lokal, bahkan even nasional bisa diadakan dan ujungnya mampu memacu potensi pendapatan baru bagi Rakyat Demak. Mulai dari hotelnya padat terisi. Warung-warung sekitar stadion ikutan bergerak. Potensi industri kreatif mulai dari sablon hingga pembuatan souvenir ikutan tergerakkan.

Bahkan event organiser ikut merasakan adanya stadion baru karena bisa mengadakan berbagai event pameran, konser hingga panggung hiburan yang mendatangkan peningkatan pendapatan daerah.

Dampak langsung dan tidak langsung bisa dirasakan seluruh Rakyat Demak dengan hadirnya neo Stadion Pancasila dan GOR nya. Sehingga potensi yang dihasilkan bukan hanya seputar potensi wisata religi, tapi ada banyak sumber ekonomi baru yang didorong mampu menggerakkan ekonomi lokal.

Ada kawasan industri yang terus menggeliat. Ada sentra wisata baru yang terus dipoles dan ada stadion baru yang manfaat ekonomisnya sangat banyak demi menggerakkan ekonomi rakyat.

Apakah itu realistis dan duitnya dari mana?

Pembangunan Stadion Pancasila bukanlah program yang ngoyoworo alias tidak realistis. Rancangan pembangunan stadion sudah ada sejak jaman Tafta Zani yang terdokumentasikan dalam RTRW Demak. Tinggal komitmen politik dari sang bupati untuk menghadirkan harapan itu menjadi kenyataan yang berdampak positif bagi bergeraknya potensi ekonomi kerakyatan khas Demak.

Pertanyaan berikutnya, di mana duitnya? Sekedar informasi saja, dalam anggaran pemerintah ada yang namanya format Anggaran Multiyears yang disinergikan dari Anggaran Pusat, Provinsi dan Anggaran Demak.

Sudah banyak pembangunan Demak yang diformat hasil rumusan Anggaran Multiyears sinergi antar lini, seperti Pasar Mranggen yang merupakan hasil rumusan Anggaran Multiyears yang kebermanfaatannya mampu menggerakkan ekonomi lokal.

Apakah ini prioritas?

Pembangunan Stadion Pancasila bisa menjadi pemantik bergeraknya ekonomi rakyat berkelanjutan. Potensi pembangunan tersebut mampu menciptakan potensi tenaga kerja Demak terserap; baik saat pembangunan maupun pasca pembangunan. Apalagi ketika banyak event nasional maupun lokal diadakan di stadion baru.

Mari sambut positif komitmen politik Mugi Hebad menghadirkan berbagai upaya merangkul rakyat dengan solusi, saatnya Demak berbenah lewat upaya Mugi Hebad menghadirkan berbagai terobosan perubahan demi menuju Demak maju berkeadilan

SAATNYA DEMAK BERBENAH… MUGI HEBAD ADALAH HARAPAN BARU BAGI KEMAJUAN DEMAK…

SALAM PERUBAHAN

#MugiHebadNewEra
#WayaheDemakBerbenah
#BuktiMugiHebadHadirUntukRakyatnya

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: