Skip to toolbar

Tralikatara dan Lomba Nuri-nuri Sessi 1/ 2020

0 0
Read Time:2 Minute, 36 Second

Oleh: Bastanta P. Sembiring

Tralikatara atau singkatan dari Tradisi Lisan Karo – Nusantara adalah sebuah komunitas online pecinta dan penggiat tradisi lisan Nusantara, khususnya pada Suku Karo. Berawal dari diskusi yang dilakukan oleh Edi S. Sembiring, Juara R. Ginting dan Bastanta P. Sembiring.

Lewat itu kemudian berlanjut ke diskusi-diskusi berikutnya yang lebih luas dan serius lagi.

Sehingga akhirnya terbentuklah Tralikatara (Tradisi Lisan Karo – Nusantara) atas inisiasi dari 5 orang yang kemudian dikatakan sebagai pendiri: Edi S. Sembiring, Juara R. Ginting, Bastanta P. Sembiring, Seriulina beru Karosekali dan Vennesa beru Ginting.

Mengawali debutnya ke publik, Tralikatara memulainya dengan membuat beberapa tampilan (audio – vidio) cerita-cerita Karo, baik dari cerita rakyat Suku Karo atau cerita baru yang ditulis dalam Cakap Karo yang dipublikasikan via channel youtube TRALIKATARA Official ataupun fanspage Tralikatara – Official di facebook.

Kunjungi fan page TRALIKATARA

Kemudian untuk mencapai 3 tujuan utama yang dirumuskan oleh kelima pendirinya (Melestarikan cerita-cerita rakyat Suku Karo, menghidupkan kembali tradisi lisan Suku Karo, dan memperkenalkan serta melestarikan Budaya Karo dengan pemanfaatan teknologi terkini), maka diadakanlah kegiatan LOMBA NURI-NURI (Cerita Dari Karo Untuk Indonesia) Sessi 1/2020.

Diharapkan nantinya dari lomba yang sudah dimulai sejak 2 Mei sampai 2 Juni (Pendaftaran dan Pengiriman Materi Lomba) ini, dapat memperkenalkan kembali tradisi-tradisi lisan Karo dan menarik minat serta mengembangkan bakat generasi muda terhadap tradisi-tradisi lisan Nusantara, terkhususnya lagi pada Suku Karo.

Kunjungi channel youtube TRALIKATARA

Untuk menarik minat para calon peserta, untuk kegiatan lomba yang memperebutkan posisi Juara 1, 2, 3 dan Juara Favorit ini, Panitia Pelaksana telah menyediakan hadiah berupa uang tunai + piagam + buku (biografi Djamin Ginting, Kiras Bangun, Guru Patimpus Pelawi dan Masri Singarimbun), serta sertifikat digital bagi semua peserta lomba yang dapat dibagikan di media sosial atau diprint oleh masing-masing peserta.

Untuk membuat lomba ini lebih menarik lagi, Panitia tidak henti-hentinya melakukan lobi terhadap usaha-usaha kreatif untuk mau mendukung kegiatan ini dalam menyediakan hadiah bagi para pemenang atau mungkin untuk seluruh peserta nantinya.

Dan untuk para donatur dan usaha kreatif yang telah mendukung kegiatan ini akan diumumkan oleh Panitia di akhir lomba ini nantinya.

Watch this video on YouTube.

Berikut rincian LOMBA NURI-NURI (Cerita Dari Karo Untuk Indonesia) Sessi 1/2020 yang dilaksanakan oleh Tralikatara:

Nama kegiatan: LOMBA NURI-NURI (Cerita Dari Karo Untuk Indonesia) Sessi 1/2020
Peserta: Pelajar SD, SMP, dan SMU dengan usia maksimal 17 tahun saat pend3aftaran
Pendaftaran: 2 Mei – 2 Juni 2020
Pengiriman materi lomba: 2 Mei – 2 Juni 2020
Penjurian: 3 – 22 Juni 2020
Pengumuman untuk Juara 1, 2 dan 3: 24 Juni 2020
Pengumuman Juara Favorit: 24 Juli 2020
Hadiah: uang tunai + piagam + buku

Dan semua kegiatan ini dilakukan secara online #DiRumahAja, termasuk dalam pengiriman hadiah bagi pemenang juga akan dilakukan via rekening bank dan pos.

Jadi sejauh ini Tralikatara 100% sudah siap dalam pelaksanakan Lomba Nuri-Nuri Season 1/2020 ini, bahkan sudah memulai masuk dalam diskusi untuk Season 2 dan perencanaan pelaksanaan season berikutnya jika Sessi 1 ini nantinya telah selesai.

Catatan:

Para simpatisan dipersilahkan membagikan berita ni melalui media sosialnya masing-masing (facebook, WhatsApp, instagram, twitter, email, dan lain-lain).

Watch this video on YouTube.
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: