Wortel Medan Susah Ditemukan di Batam Saat Ini

0 0
Read Time:2 Minute, 17 Second

SRI BERU KARO. BATAM. Walaupun ke pasar-pasar tradisional di Batam bisa kita temukan wortel yang berasal dari luar negeri alias import, wortel asal Dataran Tinggi Karo yang lebih dikenal dengan Wortel Medan masih lebih disukai daripada worterl import.

Harganya, karena itu, bisa lebih mahal daripada wortel impor.

Namun kemarin [Rabu 15/11], Wortel Medan sangat susah ditemukan di Batam. Penelusuran SORA SIRULO di Pasar Pagi Jodoh (Batam) hanya menemukan 2 pedagang sayur yang menjual Wortel Medan dan ketersediaan barangnya juga sedikit sekali.

Menurut pengamat pasar sayur mayur untuk Indonesia Bagian Barat (Sada Arih Sinulingga), harga wortel asal Berastagi seperti itu di pasar tradisional Batam adalah wajar. Sebagai perbandingan, menurutnya, harga wortel saat ini di Berastagi adalah Rp. 4 ribu/ Kg.




“Memang di Jakarta juga harganya di bawah Rp. 4 ribu/ Kg, tapi bukan wortel asal Berastagi yang menurut para pemasok supermarket kualitasnya adalah setara wortel import. Wortel yang dijual di Jakarta adalah dari Jawa yang jauh lebih keras dari Wortel Berastagi,” terang Sada Arih yang dikenal juga di kalangan Karo sebagai antropolog penggiat KBB (Karo Bukan Batak).

Meskipun menurut Sada Arih harga Rp. 8 – 10 ribu/ Kg untuk wortel asal Berastagi di pasar tradisional Batam adalah logis, tapi soal kelangkaan Wortel Medan di Batam dia mengaku tidak begitu memahaminya karena ketersediaan wortel di Berastagi adalah normal.

Sada Arih Sinulingga

“Tidak ada gejolak terkait ketersediaan wortel di Berastagi. Sangat normal, seperti biasanya. Mungkin saja kelangkaan Wortel Medan di Batam adalah karena tersandung biaya pengangkutan sehingga harus dijual dengan harga lebih mahal daripada worltel impor. Tentu saja pedagang setempat akan memilih wortel impor untuk dijual bila harga Wortel Medan lebih mahal sedangkan kualitasnya setara,” tutur Sada Arih Sinulingga.

Berikut adalah daftar harga sayur mayur di Pasar Pagi Jodoh (Batam) sebgaimana dicatat oeh SORA SIRULO kemarin [Rabu 15/11].

Tomat Rp. 10 – 12 ribu/ Kg

Kentang Medan (asal Karo) Rp. 8 – 10 ribu/ Kg

Kentang Cina (asal Cina) Rp. 7 – 9 ribu/ Kg

Wortel Medan (asal Karo) Rp. 8 – 10 ribu/ Kg

Wortel Import Rp. 9 ribu/ Kg

Bawang Jawa Rp. 26 – 28 ribu/ Kg

Bawang Birma Rp. 14 -16 ribu/ Kg

 




Bawang putih Rp. 15 ribu/ Kg

Kembang kol Rp. 10 – 13 ribu/ Kg

Kol Rp. 5 ribu/ Kg

Sayur putih (sawi putih) Rp. 9 ribu/ Kg

Brokoli Rp. 15 – 20 ribu/ Kg

Cabai merah Rp. 26 – 40 ribu/ Kg

Cabe rawit Rp. 24 – 25 ribu/ Kg

Cabe rawit merah Rp. 30 ribu/ Kg

Jeruk madu Medan (asal Karo) Rp. 13 – 15 ribu/ Kg

Lengkeng Rp. 15 – 20 ribu/ Kg

Anggur Rp. 30 ribu/ Kg


Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: