Skip to toolbar

Enda Tarigan Mendaki Sibuaten Karena Seekor Harimau

0 0
Read Time:1 Minute, 28 Second

EDY SUGIANTHO GINTING. KABANJAHE — Enda Tarigan Gersang tertarik mendaki Gunung Sibuatan (Dataran Tinggi Karo) setelah mendengar dari masyarakat adanya seekor harimau di puncak gunung itu. Dia berharap bertemu dengan harimau itu di alam bebas. Selain itu, ada pula cerita di tengah-tengah Masyarakat Karo bahwa di Gunung Sibuatan terdapat sebuah Kerajaan Umang.

Kedua ceita itu menyengat menyengat semangat Enda Tarigan Gersang mendaki Puncak Sibuaten, gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Awalnya orangtua Enda tidak mengizinkannya mendaki Sibuaten. Abangnya bilang niatnya itu niat orang gila. Jadi, sebelum ke sana, Enda cari-cai info rute yang akan dilewati untuk ke Sibuatan. Kakak-kakak pendakinya hanya menyebut nama kampung atau jalur pendakian.

Jumlah pendaki pada saat itu masih dibatasi dan jam pendakian juga dibatasi. Enda mendaki Sibuatan pertama kali lewat rute Desa Naga Lingga, Sudah 3 kali Enda Tarigan bersama kawan-kawannya mendaki Sibuatan lewat rute itu.

Sekarang, dia menempuh rute baru dari Desa Pancurbatu. Untungnya selama perjalanan Enda dan kawan-kawannya tidak pernah terhambat masalah apapun. Cuaca juga mendukung.

Lama perjalanan dari awal rute sampai puncak tergantung orangnya. Enda kamaren dan kawannya mencatat waktu 4 jam 47 menit, sudah termasuk istirahat di perjalanan.

Kalau masalah air, kata penjaga Posko, di pertengahan Gunung Sibuatan ada mata air. Tapi, Enda dan kawan setiap mendaki selalu membawa air dari pintu registrasi. Mereka bawa dari pintu rimba sampai puncak.

Menurut Enda dan kawan-kawan, tujuan mereka mendaki gunung adalah bentuk kecintaan mereka tehadap alam. Sekalian juga menambah wawasan dan pengalaman di alam serta kepuasan setelah menaklukan rasa penasaran dan keingintahuan mereka.

Semua pendakian mereka diawali dengan rasa penasaran.

Sekarang Enda Tarigan sudah mendaki beberapa gunung di Sumatera Utara dan sampai pula di Pulau Jawa.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: