Skip to toolbar

Kolom Arif A. Aji: SANTRI

0 0
Read Time:1 Minute, 20 Second

Malam itu, di sebuah pesantren tempat anakku menuntut ilmu. Aku bercengkrama dengan 9 santri di situ. Kami membicarakan apa itu santri. Mereka sangat faham makna dan artinya. Sampai salah satunya bertanya padaku:¬†“Apa santri itu menurut bapak?”


Jujur aku sedikit bingung menjawabnya. Tapi demi mereka aku harus menjawabnya, sebagai berikut.

Santri, sepengetahuanku, kata itu, hanya ada di Indonesia. Dan, itu sudah ada sejak sebelum negara ini merdeka, yaitu pada saat para ulama Islam dulu yang menampung anak-anak muda untuk mendalami ilmu agama Islam. Tapi, ketika itu para kiainya juga menjadi otak dari perjuangan untuk kemerdekaan bangsa.

Maka mereka menempa anak-anak didik di pesantren tempat menuntut ilmu miliknya menjadi pejuang tangguh melawan penjajah. Sang kiai dan santrinya merupakan garis depan dari kalangan Islam dari berbagai kalangan berjuang untuk Kemerdekaan Bangsa.

Santri zaman itu, aku pastikan, tak meributkan perbedaan. Yang terpenting adalah kemerdekaan itu saja. Kalimat Takbir dari mulut mereka adalah wujud dari ungkapan Merdeka atau Mati. Buktinya kemerdekaan bisa diraih dari perjuangan mereka yang bisa berjalan bersama dalam segala perbedaan di bangsa ini. Hanya satu di hati mereka, Kemerdekaan Indonesia.

Mereka terdiam tertunduk. Dengan tenang kulanjutkan.

Santri sekarang seharusnya tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan dari semua perbedaan seperti mereka. Untuk membangun dan melanjutkan langkah dari perjuangan dan pengorbanan mereka. Bukan saling tunjuk atas nama perbedaan yang malah mengancam kehancuran kerukunan bangsa.




Perlu disadari, sorga Kemerdekaan bukan hanya bisa dinikmati dari siraman darah orang Islam saja, tapi dari segala lapisan bangsa yang memang penuh perbedaan. Semoga kalian menyadari itu semua!

Mereka semua terdiam. Entahlah seakan mencoba memahami yang bangkit dari diri mereka.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: