Skip to toolbar

Kolom Edi Sembiring: KAMBING SAYUR

Read Time:1 Minute, 25 Second

Banyak kulihat orang-orang yang sabar dalam berpartai. Tapi tingkat kesabaran orang berbeda-beda pula. Sama seperti pak Iwan yang kukenal sebagai Hansip kelurahan. Badannya sudah menua dan warna seragamnya sudah memudar. Tapi tentu tak ada pikiran di benak pak Iwan untuk menjadi Lurah suatu saat dengan kesetiaannya berpuluh tahun itu.

Aku pernah mendengar keluhan seorang teman yang menjadi Caleg di sebuah kedai kopi.

Bagaimana orang-orang tertentu yang menjadi Caleg karena sanak family dari petinggi partai. Dan sang teman tak lolos. Sementara yang kami bicarakan lolos. Iseng aku telusuri, hanya foto kecilnya di 1996 seakan berbicara soal kesetiaan. Beruntungnya dia lahir dari kelas ningrat partai.

Lalu ketika seseorang yang ingin mengabdi untuk negeri ini harus lompat perahu karena tak lagi diberikan perahu. Mengapa harus dicerca? Padahal yang terberat pun akan terjadi, ketika kesetiannya berpuluh tahun mungkin akan berujung pemecatan.

Atau cercaan itu untuk menutup kekhawatiran soal menang dan kalah dalam Pilkada terdekat?

Bung, Banteng tetap Banteng di manapun. Bukan berarti berubah menjadi kambing sayur di tempat lain, seperti umpatanmu.

Lalu apa hubungannya dengan gambar berikut ini?

Ada jutaan mikroorganisme baik di dalamnya, di dalam pupuk hayati ini. 1 liter pupuk hayati dengan ditambahkan 0,5 Kg Molase (tetes tebu) dan 100 liter air akan memberanakkan jutaan mikroorganisme yang dapat menyuburkan tanah.

Tak jauh beda dengan berpartai. Ideologi bukan lagi sekedar merk/ stempel/ rekomendasi, tapi harus diberanakkan pada lautan keluh kesah dan membumikannya. Dan akan terus menerus menyuburkan “akar rumput”.

Bung, hari ini saya sedang berbicara tentang kekuatan besar yang terperangkap dalam sebuah bungkusan (baca: partai). Dan kekuatan besar itu tak cukup hanya disimpan, tapi dibesarkan dan dipergunakan sebesar-besarnya.

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: