LONGSOR JELANG TENGAH MALAM LAU KABAN — Kapan Amannya Lintas Karo?

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

Laporan EDY S. GINTING (Karo Hilir, Sumut)

Longsor di Jalan Lintas Karo (Medan–Berastagi) kembali mencekam menjelang tengah malam kemarin [Sabtu 20/11: Pukul 23.50 WIB]. Lokasi tepatnya adalah tebing dekat mata air Tirtanadi Lau Kaban (Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang) yang secara tradisional termasuk wilayah Karo Jahe (Karo Hilir).

Walau tidak memakan korban jiwa dan saat ini Jalan Lintas Karo sudah bisa dilintasi seperti biasa, namun longsor ini sempat mencekam.

Tidak jauh dari lokasi longsor ini baru sebulan lalu telah terjadi longsor maut yang merenggut 3 nyawa pengandara akibat gelindingan batu besar, kayu dan tanah [Sabtu 23/10]. Sebelumnya [Jumat 4/12/20], terjadi longsor di lokasi ini yang juga merenggut nyawa pengguna jalan Lintas Karo.

Perbaikan jalan Lintas Medan-Tanah Karo tepatnya di sekitar Lau kaban setelah longsor 23 Oktober 2021 lalu sempat menutup Jalan Lintas Karo saat perbaikan. Perbaikannya seperti belum maksimal untuk mengatasi longsor di tebing Lau Kaban kemarin jelang Tengah Malam terjadi longsor kembali [Sabtu 20/11].

Di Tikungan Amoy Bandar Baru ( Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang) juga sempat terjadi longsor menutup jalan [Selasa 16/11] sehingga sehingga Jalan Karo pun sempat tertutup. Dalam pengerjaan mengatasi longsor di Jalan Lintas Karo, kiranya pemerintah harus melakukannya dengan tepat sasaran dan lebih maksimal untuk kenyamanan berkendara bagi pengguna jalan ini.

Jalan lintas Karo tidak hanya sebatas antara Medan (Karo Hilir) dengan Dataran Tinggi Karo, tapi jalur ini juga di lintasan ke Simalungun, Dairi, Samosir, Toba, Singkil, Aceh Tenggara (Alas), dan Aceh Tengah (Gayo).

Peristiwa longsor sebelumnya di lokasi yang sama.

Arus lalu lintas di jalan ini sangat padat, jika masalah longsor ini tidak secepatnya diatasi oleh pemerintah dan instansi terkait, bukan tidak mungkin korban selanjutnya akan berjatuhan.

Selain angkutan penumpang, jalur ini juga sangat penting dalam koenomi pertanian dan perdagangan.

Warga yang menggunakan Lintas Karo, baik secara langsung maupun tidak langsung, berharap kepada pemerintah untuk segera mencari Solusi terbaik dan cepat untuk mengantisipasi longsor yang kerap terjadi di Jalan Lintas Karo.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: